Kamis, 30 Agustus 2012

APBD 2013 Diusul Naik 10%


Kamis, 30 August 2012
MAKASSAR– Pemprov Sulsel akan mengusulkan APBD 2013 mendatang meningkat sebesar 10% atau sebesar Rp5,2 triliun, dibanding APBD 2012 yang hanya mencapai Rp4,7 triliun.


Fokus pembelanjaan APBD di tahun depan juga akan lebih fokus pada penyelesaian sejumlah kebijakan umum, terkait penuntasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain itu,anggaran triliunan tersebut juga akan dipergunakan untuk menyinkronisasi 12 proyek yang merupakan instruksi Pemerintah Pusat di daerah, seperti program kemiskinan, pendidikan, serta kesehatan.

APBD tersebut juga untuk pembangunan koridor ekonomi guna percepatan dan perluasan pembangunan di daerah ini. Di mana daerah ini masuk dalam koridor Sulawesi- Maluku Utara sebagai pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan, serta penopang perikanan nasional.

”Dari sisi kuantitatif, kita harapkan bisa naik sebesar 10% dibanding tahun sebelumnya. Tapi ini masih secara umum, masih akan dibicarakan dengan DPRD,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Yaksan Hamzah di Makassar, kemarin.

Terdapat pula sektor pertanian, energi dan sumber daya mineral (EDSM), pendidikan dan kesehatan, serta komperasi dan UMKM. Hal ini diharapkan bisa menekan penurunan pengangguran di bidang ketenagakerjaan. Sementara itu,Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga ditargetkan meningkat sebesar 10% dibandingkan tahun 2012 yang hanya Rp2,6 triliun.

Sumber pendapatan ini berasal dari sektor pajak kendaraan bermotor, retribusi,serta dana perimbangan daerah. Yaksan mengatakan, pertumbuhan ekonomi pun diharapkan bisa lebih tinggi dari angka nasional, dan diupayakan tetap mencapai pada angka sekitar 8%.

Anggota Badan Anggaran DPRD Sulsel Aerin Nizar membenarkan rencana kenaikan APBD 2013 .Namun,dia belum mengetahui secara detail mengenai besaran kenaikan tersebut. Aerin menilai wajar jika APBD 2013 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

”Setiap tahun memang ada kenaikan APBD.Beberapa waktu lalu kita sudah tandatangani MoU terkait kebijakan anggaran 2013,dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) baru akan kita bahas pekan ini,”katanya tadi malam. wahyudi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar