Rabu, 03 Oktober 2012

Indeks Konsumen Sulsel Kian Membaik


Rabu, 03 October 2012
MAKASSAR – Perkembangan indeks harga konsumen di Sulsel pada September lalu tidak lagi mengalami inflasi seperti tiga bulan sebelumnya.

Sulsel yang merupakan gabungan empat kota, Makassar, Parepare, Palopo dan Watampone mencatatkan deflasi 0,12% atau mengalami perbaikan. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Bambang Pramono mengatakan, deflasi dialami Sulsel akibat turunnya harga-harga pada dua kelompok pengeluaran, yakni pada kelompok bahan makan serta transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. “Masing-masing turun 1,13% dan 0,13%,” kata Bambang di Makassar, kemarin. Walau dua kelompok pengeluaran itu mengalami penurunan indeks, tetapi lima kelompok pengeluaran masyarakat lainnya mengalami inflasi.

“ Hanya saja, inflasi yang disebabkan tidak begitu besar, sehingga Sulsel mengalami deflasi walau nilai indeksnya cukup kecil dibandingkan provinsi lain,”kata dia. Sementara itu, sektor ekspor impor Sulsel juga tidak bergerak baik. Ekspor Sulsel mengalami penurunan 11,94% jika dibandingkan bulan sebelumnya. rahmat hardiansya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar