Selasa, 02 Oktober 2012

Target Dua Juta Ekor Sapi


Selasa, 02 Oktober 2012 



Target dua juta ekor sapi dan kerbau oleh Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel) cukup rasional. Target ini bakal terealisasi di tahun 2016, tentu saja dengan pembenahan berbagai perangkat, baik ketersediaan bibit sapi maupun kesiapan penyuluh kesehatan hewan.

Untuk mewujudkan target tersebut, Gubernur Provinsi Sulsel Syahrul Yasin Limpo sudah menyerahkan sebanyak 72 unit sepeda motor kepada petugas operasional Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan), Petugas Inseminasi Buatan (PIB), dan Partisipatory Disease Sorvelen Respont (PDSR) 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Diharapkan, dengan adanya bantuan alat penunjang operasional ini proses untuk mencapai target ini bisa berjalan lancar dan tepat sasaran.

Target ini dinilai akan terpenuhi dengan cepat, karena potensi sumber daya alam yang berada di daerah Sulsel ini sangat baik untuk pengembangan usaha di bidang peternakan antara lain pengembangan sapi, kerbau, kambing, dan ayam buras.

Dengan begitu, dapat membantu meningkatkan perekonomian di Sulsel, terutama untuk menopang kehidupan masyarakat. Apalagi, sektor peternakan akan berintegrasi langsung dengan kondisi ekonomi kerakyatan.

Untuk meningkatkan pengembangan peternakan dan kesehatan hewan di Sulsel perlu adanya partispasi semua pihak terkait, baik dari dinas, penyuluh, organisasi masyarakat, terutama petani ternak sendiri.

Persoalan peternakan dan kesehatan hewan bukan hanya menjadi tugas aparat pemerintah. Tetapi, kita semua dari masyarakat, organisasi dan profesi asosiasi di bidang peternakan dan kesehatan hewan serta praktisi di pusat maupun di daerah.

Dari 72 bantuan sepeda motor operasional untuk mewujudkan program dua juta ekor sapi dan kerbau, empat unit diberikan kepada Poskeswan, 20 unit kepada Petugas Inseminasi Buatan (PIB), dan 48 unit Partisipatory Disease Sorvelen Respont (PDSR) 24 kabupaten/kota.
Sebelumnya, pemprov juga telah bantuan kepada kelompok peternak di Sulsel ini untuk mewujudkan program tersebut.

Jika target ini tercapai, Sulsel akan menjadi salah satu pemasok daging di Indonesia untuk menutupi kebutuhan daging nasional dan juga dapat menjadi sentra produksi ternak.

Jika target ini tercapai, beberapa persoalan kebutuhan daging dalam negeri juga bakal teratasi. Apalagi, di waktu-waktu tertentu, keterbatasan daging kerap menjadi persoalan pelik, sehingga harus mengimpor sapi dari Australia dan beberapa negara lain.

Kelangkaan daging sapi biasanya terjadi di hari-hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan tahun baru. (*)


Sumber: http://cakrawalaberita.com/catatan-cakrawala/target-dua-juta-ekor-sapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar