Jumat, 09 November 2012

Celebes Travel Mart Target Jadikan Ikon Pasar Parawisata di Sulsel


Jum, 09/11/2012


Target pasar wisata atau travel mart mulai bergeser dari pasar lama yang fokus pada wisatawan Amerika dan Eropa. Celebes Travel Mart ( CTM ) misalnya, mulai membidik peluang pasar baru di wilayah Asia Pasifik. wisatawan asal Cina, Arab Saudi, Singapura, Malaysia, dan Australia, saat ini memiliki potensi lebih besar mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Jufri Rahman di sela-sela seminar Celebes Travel Mart di Hotel Grand Clarion, Kamis 8 November 2012.

Menurut Jufri, Perekonomian Eropa dan Amerika yang lesu merupakan salah satu faktor angka kunjungan wisatawan dua benua, namun di sisi lain angka wisatawan Asia ke Sulawesi Selatan, justru meningkat rata-rata 18 persen. Besarnya potensi kunjungan wisatawan Asia Pasifik itu membuat sejumlah stakeholder pariwisata di Sulsel menggagas penyelenggaraan Celebes Travel Mart. Kegiatan ini akan mengundang seluruh stakeholder pariwisata di daratan Sulawesi menjadi seller.

Celebes Travel Mart digagas dengan pertimbangan tidak ada lagi pasar wisata setelah penyelenggaraan Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2008 lalu. Kegiatan ini digilir di provinsi berbeda setiap tahun, sehingga Makassar harus menunggu hingga 30 tahun mendatang.

Rencananya, Celebes Travel Mart digelar September 2013 dengan pertimbangan Natas Travel di Singapura diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang. Jadi, seller di Natas bisa langsung menghadiri Celebes Travel Mart di Sulsel, buyers Celebes Travel Mart ini dan tidak lagi membidik buyers dari Amerika dan Eropa, tapi dari wilayah Asia Pasifik. Harapannya, Celebes Travel Mart ini menjadi ikon pasar pariwisata di Sulsel.

Ph/Na ( Jumat, 09 November 2012 )

Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/celebes-travel-mart-target-jadikan-ikon-pasar-parawisata-di-sulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar