Jumat, 09 November 2012

Gubernur Sulsel Kritisi Pembangunan yang terlalu Fokus ke Kabupaten/Kota


Kamis, 8/11/2012

Jakarta - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menilai pendekatan pembangunan saat ini terlalu kecil di tingkat kabupaten/kota. Hal ini yang kemudian akan memperlemah kepentingan nasional.
"Sistem pemerintah itu harus diperkuat di propinsi. Kekuatan propinsi yang bekerja maksimal secara langsung memberi energi ke kota/kabupaten. Kalau berjalan sendiri tentu pendekatannya sempit dan kedaerahan dan tidak bisa memperkuat kepentingan nasional," ujarnya.

Hal tersebut disampaikannya sesaat setelah memberikan paparannya dengan tema Penguatan kepemimpinan Nasional di Daerah Dalam Implementasi Sistem Manajemen Nasional Guna Percepatan Pembangunan Nasional di Lemhanas, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Hal yang disampaikan Syahrul berbeda dengan semangat otonomi daerah, yakni UU 32 Tahun 2004 yang menetapkan kabupaten/kota sebagai titik beratnya.

"Semakin ke bawah semakin teknis, gubernur yang stategis, bagaimana caranya kalau semua daerah dibangun dengan pola pendekatan yang terlalu kecil," tambahnya.

Acara diskusi ini juga menghadirkan paparan dari Jusuf Kalla, Gubernur DKI Joko Widodo, dan Guru Besar Politik UI Prof. Iberamsjah.

(gah/gah) 
Sumber: http://news.detik.com/read/2012/11/08/110621/2085791/10/gubernur-sulsel-kritisi-pembangunan-yang-terlalu-fokus-ke-kabupaten-kota?9922032

Tidak ada komentar:

Posting Komentar