Jumat, 02 November 2012

Pemprov Komitmen Tak Keluarkan Izin Tambang


JUMAT, 02 NOVEMBER 2012
Jika Merusak Hutan Lindung
TAKE OVER & JOINT OPRATIONAL ( TAMBANG SUDAH TERPENUHI / DI CLOSE )
MAKASSAR, — Pemerintah Provinsi Sulsel menegaskan akan tetap komitmen menjaga hutan lindung dari berbagai aktivitas yang bisa merusak, termasuk salah satunya sektornya pertambangan.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, selama ini pihaknya telah berupaya tidak mengeluarkan berbagai izin tambang untuk tetap menjaga hutan lindung di Sulsel.

Menurutnya, jika pemprov mengeluarkan izin pertamba­ngan yang bisa merusak hutan lindung, maka imbasnya tentu akan lari pada tingkat perekonomian rakyat utamanya petani semakin bersoal.

“Selama lima tahun saya tidak keluarkan izin tambang karena untuk menjaga itu (hutan lindung). Kalau hutan lindung di rusak, maka irigasi akan bersoal, dan kalau irigasi bersoal maka pertanian juga ikut bersoal. Sementara kita punya kekuatan dasar di Sulsel adalah pertanian,” tegas Syahrul dalam kunjungannya ke Kantor PLN, Jalan Ahmad Yani Makassar, Kamis, 1 ­November.

Meski begitu, mantan Bupati Gowa dua periode ini tetap bisa mengeluarkan izin pertambangan sepanjang pertambangan tersebut tidak merusak hutan lindung yang ada, salah satunya dengan melakukan terobosan yang memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Artinya, izin pertamba­ngan tidak harus berhenti karena itu, tetapi dengan izin itu juga tidak boleh hutan lindung terganggu serta ekosistem. Kalau pertambangan bisa melakukan terobosan secara teknologi maka itu sangat bisa,” katanya. (eky/ami)

Sumber: http://cakrawalaberita.com/ekonomi/pemprov-komitmen-tak-keluarkan-izin-tambang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar