Kamis, 01 November 2012

Sosialisasi Pasar Lelang Komoditi Agro dan Sistem Resi Gudang



Di Sulawesi Selatan terdapat beberapa komoditas yang menjadi prioritas utama dalam kegiatan sosialisasi pasar lelang kali ini, yaitu beras (gabah), jagung, rumput laut dan kakao. Sedangkan kopra dan cengkeh juga mulai merambah masuk dalam pasar lelang. Acara ini berlangsung yang ke-6 kalinya dari  target 10 kali dalam tahun 2012. Hal ini dikatakan Ketua Pusat Komoditi dan Pasar Lelang Agro (Puskompas) Sulsel, Dr Sudirman Dumba dalam acara Sosialisasi Pasar Lelang Komoditi Agro dan Sistem Resi Gudang, di Hotel Trisula, Rabu, 31 Oktober 2012.

Menurut Sudirman, kegiatan ini harus terus aktif dilakukan dan lebih mengutamakan pelayanan kepada pembeli dan penjual dalam melaksanakan transaksi. Dengan adanya program tersebut, diharapkan agar dalam proses lelang terjadi transaksi yang benar. Selain itu, penjual dan pembeli harus dipetakan untuk mengatur lelang komoditas agro sehingga dibutuhkan data yang jelas untuk membangun frame yang jelas untuk transaksi pasar lelang. Lelang komoditas Sulawesi Selatan nantinya akan memasarkan produk segar dan olahan pada musim panen terakhir yakni, Juni, Juli dan September. Mereka yang dilibatkan adalah kelompok petani yang terlibat langsung di lapangan dari 23 kabupaten/kota. Selain komoditas unggulan ada display (pameran) produk dari masing-masing kabupaten. Selain itu, juga sebagai pembelajaran bagi petani tentang proses pemasaran baik melalui lelang maupun melalui pasar induk agar terjamin keamanannya dalam proses transaksi.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri  Disperindag Sulsel, Hadi Basalamah berharap kepada Puskompas lelang dapat dilaksanakan di tempat yang bisa dijangkau oleh para pelaku agrobisnis, agar pembeli dan penjual bisa maksimal dalam melaksanakan transaksi. Untuk sarana pendukung pasar lelang telah disediakan fasilitas oleh pemerintah. Perlu ada penyebaran informasi acara lelang baik secara tertulis maupun visual untuk sosialisasi pasar lelang. Revitalisasi pasar lelang di Indonesia dilakukan di lima daerah, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sulsel. Pasar lelang ini ditujukan untuk komoditi agro agar bisa membantu petani dalam menyalurkan hasil taninya sehingga harga bisa ditentukan langsung oleh petani dan diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup petani.

Rs/Nh (Kamis, 1 November 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar