Sabtu, 01 Desember 2012

Sulsel Harus Siap Hadapi AFTA 2015


Sabtu, 01 Desember 2012

MAKASSAR – Pemberlakuan ASEAN Free Trade Area atau AFTA pada 2015 akan berimbas pada makin ketatnya persaingan pada sektor perdagangan, jasa, dan investasi di Indonesia termasuk di Sulsel.

Jika tidak siap, Pemerintah Daerah hanya akan menjadi penonton ditengah gencarnya perdagangan antarsesama Negara Asean. Karena itu, Gubernur Syahrul Yasin Limpo meminta kepada seluruh stakeholder di Sulsel untuk siap menghadapi perdagangan bebas negara-negara di Asia Tenggara tersebut pada 2015 mendatang.

Menurutnya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean, memang harus dihadapi masyarakat Sulsel. Arus lalu lintas barang, jasa, investasi, serta akan bebas keluar masuk di semua negara ASEAN. ”Karena itu, Sulsel khususnya bagian dari Indonesia juga harus siap, menyambut persaingan. Kami harus mampu menyiapkan infrastruktur yang memadai, Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal.” ”Pelaku usaha juga harus mampu membaca perkembangan pasar,” katanya usai mengikuti Rapat Koordinasi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Sahid Jakarta,kemarin.

Tidak hanya itu, kata Syahrul, pemberlakuan AFTA harus didukung kebijakan akan insentif tertentu yang ditindaklanjuti dengan sosialisasi dan mengomunikasikan kebijakan yang konsisten serta tertata antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. ”Tujuan akhirnya, Sulsel dapat bersaing dan berperan dalam meningkatkan ekonomi daerah,dengan keterbukaan peluang masuk dalam pasar ASEAN,”katanya.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI),Syahrul telah meminta kepada seluruh gubernur se- Indonesia untuk terus melakukan koordinasi dengan baik,sehingga AFTA 2015 mendatang bisa disongsong dan Indonesia tidak keteteran menghadapi persaingan dengan negara lain di ASEAN ke depan.

Pimpin Gubernur Hadiri Rakornas

Sebelumnya, Syahrul memimpin gubernur seluruh Indonesia untuk menghadiri Rapat KoordinasiNasional(Rakornas) Penyerahan Daftar Agregat Kependudukan per Kecamatan,di Ruang Puri Agung,Hotel Grand Sahid Jaya,kemarin.

Kepala Biro Pemerintahan Umum Pemprov Sulsel Andi Hasbi Nur mengatakan, seluruh gubernur hadir dalam rapat tersebut.“Bukan hanya gubernur, tapi Pangdam, bupati wali kota dan kapolda seluruh indonesia juga hadir. Pak Syahrul sendiri hadir selain sebagai gubernur juga sebagai Ketua APPSI,”katanya usai mendampingi gubernur,kemarin.

Dia mengatakan, dalam pengarahannya, Presiden mengingatkan urgensi penerapan e-government ke depan yang dimulai dengan penerapan e-KTP.Dengan penerapan e- KTP akan meningkatkan keakuratan data baik untuk kepentingan politik seperti pilpres dan pemilu.

”Gubernur diharapkan berperan dalam menyelesaikan sengketa lahan perkebunan, kerusuhan antardaerah,perkelahian antar mahasiswa, dan aksi kekerasan lainnya,” tambahnya. jumardin akas

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/sulsel-harus-siap-hadapi-afta-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar