Kamis, 09 Februari 2012

Sulsel Pertahankan Surplus Beras Dua Juta Ton

KAMIS, 09 FEBRUARI 2012

MAKASSAR,  - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan selama tiga tahun terakhir ini mampu mempertahankan surplus beras dua juta ton, bahkan produksi beras itu juga mengalami peningkatan setiap tahunnya.
“Produksi beras kita dari tahun ke tahun itu mengalami peningkatan dan kita juga bisa mempertahankan surplus dua juta ton beras itu selama tiga tahun berturut-turut,” ujar Kepala Bidang Tanaman pangan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel, Aris Makta Amin, 7 Februari Selasa ­kemarin.
Ia mengatakan, pe­luang melakukan ekspor beras cukup besar karena tren pe­ningkatan surplus beras sudah terjadi selama tiga tahun berturut-turut.
Dari hasil produksi tersebut, Sulsel mampu me­ngantar pulaukan kebutuhan beras di sejumlah wilayah di kawasan Timur dan Barat ­Indonesia.
Karena hampir 30 per­sen dari total produksi beras itu, Sulsel masih memiliki stok pangan yang berpotensi untuk di ekspor ke luar ­negeri.
Berdasarkan data yang ada, luas areal tanam yang ditetapkan tahun ini mencapai 963 ribu hektare lebih dengan target produksi sebesar 5,2 juta ton padi.
Jumlah tersebut dilaporkan meningkat dibanding 2011, baik dari sisi luas areal tanam juga pada sisi produksi beras.
Terkait dengan program gerakan peningkatan produksi pangan berbasis korporasi (GP3K), Kepala perum Bulog Divre VII Tommy S. Sikado mengatakan pihaknya telah melakukan penjajakan di sejumlah daerah yang memiliki sarana irigasi teknis. (eky)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar