Jumat, 02 Maret 2012

Bank Sulselbar-Pemprov Luncurkan KPE

JUMAT, 02 MARET 2012

MAKASSAR,  — Bank Sulselbar bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) meluncurkan Kartu PNS Elektronik (KPE) bagi pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemprov Sulsel dan kabupaten/kota.
Direktur Utama Bank Sulselbar Ellong Tjandra mengatakan, KPE tersebut merupakan salah satu terobosan baru yang diperuntukkan bagi PNS dan memiliki banyak fungsi.
“KPE ini multifungsi. Bisa digunakan sebagai ATM (anjungan tunai mandiri), alat pembayaran tagihan seperti PLN, telepon, taspen, dan lain-lain. Kita berharap KPE ini dapat berfungsi sebagai kartu debet dan dapat digunakan berbelanja,” jelas Ellong usai peluncuran KPE di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis, 1 Maret.
Dengan demikian, lanjutnya, PNS tidak perlu ragu dengan KPE tersebut, karena KPE itu dilengkapi dengan alat teknologi chip dengan standar keamanan Bank Indonesia.
Keamanan Nasabah
Penggunaan kartu chip tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan keamanan nasabah dalam bertransaksi sehingga dapat menghindar dari kejahatan perbankan belakangan marak terjadi.
Ellong mengungkapkan, sejauh ini akan dicetak sekitar 3.200 KPE untuk PNS lingkup Pemprov Sulsel.
“Sebanyak 3.200 kartu telah dianggarkan dicetak dan akan didistribusikan secara proporsional bagi PNS di lingkup Pemprov Sulsel. Kita telah melakukan pengambilan data biometrik, sidik jari, dan foto 2.005 kartu pada provinsi dan 17 kabupaten/kota, dan akan direncanakan sampai enam tahap untuk penyelesaiannya,” jelasnya.
Sejauh ini, tambahnya, sekitar 1.195 sisa kartu yang akan diperuntukkan bagi tujuh kabupaten lain dan akan dirampungkan secara bertahap. Diperkirakan akan selesai Maret 2012 ini.
“Tetapi kalau untuk rampung seluruhnya kita target 2014. Anggarannya berasal dari APBN melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Kita bantu juga sesuai kondisi,” ujarnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dengan keluarnya KPE tersebut, pihaknya tidak akan membebankan biaya administrasi penerbitan kartu kepada PNS.
Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, dengan KPE tersebut selain bermanfaat untuk membesarkan Bank Sulselbar, juga menjadi kartu multifungsi. Apalagi KPE itu juga bisa dipakai di bank lain.
“Kita berharap agar dengan adanya KPE ini bisa semakin memperkuat Bank Sulselbar serta bisa menjadi lokomotif kemajuan Sulsel dan kabupaten kota,” harap Syahrul.
Dalam acara peluncuran yang ditandai dengan penyerahan KPE dari Syahrul ke Sekretaris Provinsi Sulsel A Muallim itu dihadiri Pemimpin BI, Asosiasi Bank Daerah, serta BKN.
Usai launching, juga dilakukan penandatangan MoU antara Bank Sulselbar dengan Gubernur Sulsel, serta pendantanganan MoU antara Bank Sulselbar dengan Bupati dan wali kota se Sulsel, kemudian dilanjutkan dengan uji coba penggunaan KPE. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar