Kamis, 29 Maret 2012

Sulsel-Perancis Siap Kerja Sama Pendidikan

KAMIS, 29 MARET 2012 


MAKASSAR, — Pemerintah Provinsi Sulsel mengaku siap melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan dengan negara Perancis. Sekretaris Provinsi Sulsel, Andi Muallim mengatakan, tawaran kerjasama itu disampaikan Duta Besar (Dubes) Perancis untuk Indonesia, Bertrand Lartholary yang diterima langsung di ruang kerjanya, Rabu, 27 Maret.

“Ia menyampaikan, dari aspek pendidikan mereka siap menerima perutusan dari Indonesia khususnya Sulsel untuk belajar disana,” kata Andi Muallim, usai menerima perwakilan Dubes Perancis untuk Indonesia.
Muallim juga mengatakan, selain pendidikan, utusan tersebut menyampaikan akan me­lakukan penjajakan untuk kerjasama dalam beberapa bidang di antaranya sektor pariwisata.
“Perutusan dari Dubes Pe­rancis, datang kesini untuk membangun kira kira apa yang bisa dikerjasamakan sesuai de­ngan potensi Perancis dan Sulsel,” jelasnya
Dengan tawaran tersebut, lanjut dia, pihaknya juga menjelaskan selama ini Sulsel memiliki program beasiswa pendoktoran ke luar negeri, hanya saja khusus untuk Perancis sampai saat ini belum ada.
“Jadi Dubes Perancis juga menyambut dan siap dijadikan sebagai lokasi dalam bentuk kerjasama bidang pendidikan. Apalagi juga sudah membentuk kerjasama dengan Unhas, kalau tidak salah juga untuk program pendoktoran,” bebernya.
Lebih jauh, pihaknya meng­aku telah meminta utusan Dubes Perancis untuk datang kembali, kemudian mengkonkretkan rencana itu dengan melakukan pertemuan bersama stakeholder untuk menyampaikan program yang ditawarkan itu.
“Kerjasama pendidikan kemungkinannya sangat besar. Karena program pendoktoran kita sebanyak 500 orang, tetapi yang tercapai baru sekitar 300 orang. Artinya masih ada 200 orang, kalau dia mau kerjasamakan untuk 200 orang itu terutama dari aspek financial dan seterusnya, saya kira akan berjalan lancar saja.” Pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar