Selasa, 24 Juli 2012

Bulog Sulsel Siapkan Program Sewa Lahan



SELASA, 21 FEBRUARI 2012

MAKASSAR, CAKRAWALA - Perum Bulog Divre VII Sulawesi Selatan menyiapkan program sewa lahan (on farm) untuk mengoptimalkan pencapaian prognosa pengadaan beras 2012.
"Selain melakukan penyerapan produksi petani melalui mitra di lapangan, Bulog juga akan menggunakan sewa lahan," kata Kepala Bulog Divre VII Sulsel Tommy S Sikado seperti dikutip antaranews, Senin, 20 Februari.
Menurut dia, program sewa lahan atau kemitraan itu untuk mendukung optimalisasi produksi yang selanjutnya akan diserap masuk ke gudang-gudang Bulog.
Dia mengatakan, untuk mencapai target tersebut, Bulog menjalin kemintraan dengan pihak perbankan untuk pendanaan, PT Sang Hyang Seri untuk pembibitan dan perusahaan pupuk untuk pengadaan sarana produksi (saprodi).
"Khusus program sewa lahan di Sulsel, direncanakan dimulai pada musim tanam gadu atau semester kedua," katanya.
Daerah yang dipilih untuk program sewa lahan, lanjut dia, adalah sentra-sentra produksi dan telah memiliki sistem irigasi yang baik, misalnya di Kabupaten Sidrap dan wilayah Bosowa (Bone, Soppeng, Wajo).
Dengan adanya sistem sewa lahan tersebut, Tommy mengatakan, Bulog selain menyerap hasil produksi petani, juga mengumpulkan hasil produksi sendiri melalui sistem tersebut.
"Karena itu, prognosa 2012 sebanyak 526 ribu ton setara beras diyakini dapat dicapai, bahkan lebih," katanya.
Prognosa Bulog Divre VII itu, lebih tinggi dari rencana 2011 yang hanya 260 ribu ton dan realisanya mencapai 268 ribu ton setara beras. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar