Kamis, 30 Agustus 2012

Produksi Beras Masih Sesuai Target

Kamis, 30 Agustus 2012 
Meski Kemarau Melanda Daerah 

MAKASSAR,  -- Pemprov Sulsel optimis bisa surplus beras 2,2 juta ton tahun ini, meskipun kemarau panjang sedang melanda sejumlah daerah sentra pertanian.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Pemprov Sulsel Asri Agung Pananrang kepada FAJAR, Selasa, 28 Agustus, mengatakan, meskipun acaman kemarau bisa berlangsung sampai Oktober tahun ini, overstock beras masih bisa mencapai 2,2 juta ton. Stok tersebut bisa bertahan hingga tujuh bulan ke depan.

"Kebutuhan konsumsi beras Sulsel hanya 800.000 ton sedangkan produksi beras Sulsel saat ini, telah mencapai 3 juta ton. Overstok beras bisa bertahan hingga tujuh bulan ke depan, meskipun sebagian wilayah Sulsel mengalami kemarau," tuturnya.

Asri juga mengatakan, ada sejumlah daerah yang memasuki panen kedua tahun ini. Daerah itu, menambah stok beras sebelumnya.

Kepala Perum Bulog Divre VII Sulsel Tommy S Sikado juga mengungkapkan, total prognosa Bulog tahun ini, sekira 526.000 ton. Per Agustus, pihaknya telah menyerap 272.000 ton, atau 52 persen dari target.

Dengan asumsi Oktober panen ketiga, maka target overstok beras mencapai 2,2 juta ton optimis bisa dicapai. "Kita optimis surplus beras Sulsel ini, bisa menyumbang 25 persen dari total target surplus beras nasional. Ini tak lepas dari meningkatnya hasil panen petani di paruh kedua tahun ini," jelasnya.

Bahkan tahun ini, kata dia, Bulog telah menyuplai kebutuhan beras di hampir seluruh provinsi di Sulawesi. "Juga ke Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat hingga Sumatera Utara," ungkap Tommy.

Sementara itu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sulsel Rahman Daeng Tayang mengungkapkan, saat ini, ada tiga daerah memasuki masa panen paruh kedua, yakni Kabupaten Sidrap, Bulukumba, dan Palopo.

"Beberapa daerah lain juga segera menyusul. Dan biasanya, hasil panen di panen paruh kedua lebih besar karena curah hujan sudah menurun dibandingkan panen pertama di awal tahun, hanya saja memang tidak semua daerah. Puncaknya nanti Oktober," kata Rahman.(aci/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120830003332-produksi-beras-masih-sesuai-target

Tidak ada komentar:

Posting Komentar