Kamis, 30 Agustus 2012

Sulsel Dapat Jatah Pupuk 750 Ribu Ton

Kamis, 30 Agustus 2012 

MAKASSAR,  -- PT Equiport Inti Indonesia, anak perusahaan PT Pelindo IV Makassar menjamin distribusi pupuk untuk petani Sulsel tidak terlambat.  Kebutuhan pupuk sesuai target mencapai tahun ini mencapai 750 ribu ton.

Aktivitas pengantongan pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh PT Equiport Inti Indonesia (EII) di Pelabuhan Makassar sempat terhenti beebrapa waktulalu lantaran diboikot Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), pasca peralihan kewenangan pengantongan.

"Aktivitas sekarang berjalan lancar. Setelah melakukan penandatangananan Momerandum of Understanding (MoU) antara pihak PT Pupuk Holding dan PT Pelindo, sudah ada payung hukum menyangkut operasional pengantongan di pelabuhan," kata Direktur PT EII Zaidan Gamel, kemarin.

PT EII kini bertanggungjawab penuh terhadap pengantongan pupuk bersubsidi di Makassar sebanyak 750 ribu ton untuk kebuthan para petani Sulsel tahun ini.

Zaidan membeberkan, pihaknya melakukan operasional pembongkaran pupuk sebanyak 52 ribu ton per bulannya. Pupuk sebanyak itu diangkut dua unit kapal berkapasitas 26 ribu ton yang datang dua kali selama sebulan.

"Kita berusaha agar target ini bisa tercapai. Makin lancar pengantongan, tentu saja distribusi juga lancar dan petani diuntungkan," ungkapnya.

Zaidan juga menjamin, pasca kisruh TKBM beberapa waktu lalu, pengantongan pupuk kini berjalan lancar. Kendala serius, hanya kekurangan armada berupa truk untuk distribusi ke gudang-gudang penyimpanan. Namun, khusus distribusi dan pergudagangan ini ditangani pihak lain.

"Banyak yang terlibat dalam penyaluran pupuk ini. Kalau tidak konek satu sama lain, maka risikonya tentu pupuk terlambat ke petani. Sejak satu bulan terakhir, tak ada lagi laporan kami terima soal keterlambatan," bebernya.

PT EII merupakan anak usaha Pelindo IV hasil kerja sama dengan PT Kuda Inti Samudera. Perusahaan ini baru diluncurkan pada 11 Februari 2012 dengan segmen usaha utama penyediaan, pengoperasian, dan pemeliharaan peralatan bongkar muat di pelabuhan. (aci/upi)


Sumber:  http://www.fajar.co.id/read-20120830003818-sulsel-dapat-jatah-pupuk-750-ribu-ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar