Kamis, 27 September 2012

Bandara Perintis di Sulsel Terkoneksi



        
Selasa, 27 September 2012

  
MAKASSAR– Sulsel memiliki enam bandara perintis yang siap dikoneksikan satu sama lain. Lima di antaranya telah berfungsi, yakni di Kepulauan Selayar, Toraja Utara, Luwu, Luwu Utara dan satu bandara perintis di Luwu Timur.

Sementara itu, bandara yang ada di Kabupaten Bone baru akan difungsikan November mendatang. “Jika semua bandara telah berfungsi, itu akan mempermudah akses masyarakat termasuk wisatawan yang berkunjung ke Sulsel. Sehingga bisa menambah pilihan konektivitas transportasi yang cepat,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel Masykur A Sulthan di Makassar,kemarin.

Khusus untuk bandara perintis di Bone, panjang lintasannya (runway) mencapai 1.900 meter. Saat ini pembangunan seluruh fasilitas pendukungnya telah selesai. Kini bandara tersebut sudah masuk dalam tahap uji coba kelayakan bandara. Rencananya November tahun ini akan dilakukan penerbangan perdana oleh Pemprov Sulsel.

Menambah pilihan konektifitas ke depannya, pemerintah provinsi juga sedang melakukan pembangunan bandara baru di Kabupaten Tana Toraja. Bandara yang akan terletak di Buntu Kunik, Kecamatan Mengkendek tersebut akan menelan anggaran Rp700 miliar. Saat ini proses pembangunan bandara tersebut telah memasuki tahap pematangan lahan.

Karena terletak di atas bukit, pematangan lahan tersebut membutuhkan anggaran cukup besar, yakni mencapai Rp200 miliar. Distrik Manager PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) Makassar Edi Nurokhman mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempelajari rute penerbangan perintis yang memungkinkan didarati Merpati.

Untuk mempermudah pembukaan rute,dia meminta pemerintah daerah berperan aktif. “Kami membuka diri untuk pembukaan rute baru dengan sistem kerjasama dengan pemda. Kami masih memiliki 20 unit pesawat Cassa N-212 buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) yang memang dikhususkan untuk KTI.Pesawat itu khusus untuk penerbangan perintis dengan kapasitas 50 seat,”kata Edi. rahmat hardiansya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar