Selasa, 16 Oktober 2012

Ekonomi Sulsel Tumbuh Positif


Senin, 15 Oktober 2012

Gubernur Sulawesi Selatan, Senin, 15 Oktober melakukan kunjungan ke beberapa kantor bank untuk memantau kinerja perbankan dalam triwulan keempat ini. Persentase Loan Deposit Ratio (LDR) di Sulsel masih menggembirakan yakni berada di kisaran 130 persen. Uang yang beredar 130 persen, berarti ada uang 30 persen dari luar yang masuk dan beredar di Sulsel. Data dari Bank Indonesia Wilayah Makassar hingga triwulan III atau September tahun 2012 LDR perbankan di Sulsel telah mencapai 130,25 persen, jauh lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya mencapai sekitar 80 persen.

H. Syahrul Yasin Limpo berharap ekonomi yang terus bergerak positif tidak mengalami penurunan yang disebabkan faktor lain seperti keamanan atau politik. Ekonomi Sulsel diyakini tetap akan tumbuh positif selama masyarakat mampu menjaga suasana daerah tetap kondusif. Dengan rasa aman investor dapat mengembangkan bisnis di Sulsel, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi.

Momen pemilihan gubernur maupun aksi-aksi kekerasan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak memengaruhi perekonomian hingga bergerak negatif. Kekerasan yang terjadi bisa menjadi preseden buruk terhadap dunia investasi. Butuh waktu lama untuk memulihkan kepercayaan investor, bila sudah terlanjur turun.

Sementara Deputi Direktur Bank Indonesia Wilayah I Sulampua, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tersimpan pada bank sebesar Rp 49,29 triliun. Meningkat 25,38 persen terutama pada jenis Giro dan Tabungan. Sedangkan kredit yang disalurkan tumbuh 24,04 persen atau menjadi Rp 64,19 triliun.Ini berarti kebutuhan kredit tinggi, Cuma tidak dibarengi dengan tabungan masyarakat, Terkait imbauan gubernur, dia juga mengatakan hal ini tidak mengkhawatirkan, karena Rasio Kredit Bermasalah (NPL) cukup rendah 2,77 persen atau lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2011 yakni 3,37 persen.

Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/ekonomi-sulsel-tumbuh-positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar