Rabu, 31 Oktober 2012

Komoditas Unggulan Butuh Stabilisasi Harga


Rabu, 31 Oktober 2012
 
MAKASSAR,  -- Pusat Komoditas dan Pasar Lelang Agro (Puskompas) Sulsel bekerja sama dengan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Sulsel menggelar pasar lelang agro, Rabu, 31 Oktober, hari ini, di Hotel Trisula Jalan Boulevard.

Pasar lelang komoditas pertanian ini merupakan bagian penting dari pemberdayaan lembaga pertanian agar lebih berperan terhadap produk-produk yang dihasilkan.

"lelang komoditas pertanian ini rutin digelar setiap tahun. Diharapkan melalui pasar lelang ada stabilisasi harga khususnya komoditas unggulan Sulsel seperti beras, jagung, rumput laut, dan kakao," kata Ketua Puskompas Sulsel H Sudirman, Selasa, 30 Oktober.

Lelang komoditas Sulsel, jelas dia, nantinya akan memasarkan produk segar dan olahan pada musim panen terakhir yakni, Juni, Juli dan September. Selain tiga komoditas unggulan, dua komoditas diusulkan masuk pasar lelang yakni, cengkih, dan kopra.

Mereka yang dilibatkan adalah kelompok petani yang terlibat langsung di lapangan dari 23 kabupaten/kota. Selain komoditas unggulan ada display (pameran) produk dari masing-masing kabupaten.

"Lelang komoditas ini akan mempertemukan antara penyedia produk hasil pertanian dengan pembeli agar bisa kontak langsung serta terjadi kesepakatan /transaksi jual beli (memperpendek jalur pemasaran tanpa perantara)," tutur Sudirman.

Selain itu, juga sebagai pembelajaran bagi petani tentang proses pemasaran baik melalui lelang maupun melalui pasar induk agar terjamin keamanannya dalam proses transaksi. (aci/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121031000438-komoditas-unggulan-butuh-stabilisasi-harga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar