Rabu, 31 Oktober 2012

Sulsel Tangkar Benih di Sentra Produksi


RABU, 31 OKTOBER 2012 
MAKASSAR,  – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan PT Sanghiang Seri melakukan pe­nangkaran benih padi di wilayah sentra produksi beras.
“Penangkaran benih ini untuk meningkatkan produksi padi petani yang berkualitas,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel Haris Matta Amin di Makassar, Selasa, 30 Oktober.
Ia mengatakan penangkaran benih itu dilakukan khususnya di wilayah sentra penghasil beras. Namun pada tahap awal dilakukan di Kabupaten Maros, Sulsel.
Luas penangkaran benihtersebut, menurut dia disesuaikan de­ngan kondisi di lapangan, yakni antara 75 hektare hingga 100 hektare.
“Dari hasil penangkaran benih tersebut diharapkan produksi padi rata-ratanya mencapai sembilan ton per hektare,” katanya, dikutip dari Kantor Berita Antara.
Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel diketahui, dengan luas areal   75 ha dapat menghasilkan produksi padi hingga 2.025 ton.
Berkaitan dengan hal tersebut, Kadis Pertanian mengatakan, mekanisme penangkaran benih itu adalah masing-masing petani akan mendapatkan modal kerja untuk pengadaan bibit, sekaligus sarana produksi (Saprodi) berupa pupuk dengan bunga pinjaman tiga per­sen per tahun. (*/ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar