Rabu, 10 Oktober 2012

Pemprov Perkuat Basis Ekonomi


Rabu, 10 Oktober 2012
 
Penguatan basis ekonomi Sulsel diyakini dapat mengimbangi penurunan investasi asing dan penanaman modal dalam negeri. Sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata tetap menjadi andalan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengakui penurunan investasi asing maupun investasi dalam negeri di Sulsel tahun ini. Krisis ekonomi global turut memengaruhi belanja investasi yang melemah hingga triwulan kedua 2012 ini.

"Penurunan investasi karena krisis ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat tidak begitu berpengaruh pada ekonomi Sulsel. Ekonomi Sulsel tetap meningkat di triwulan kedua," tutur Syahrul, Selasa, 9 Oktober.

Pertumbuhan ekonomi Sulsel pada triwulan II 2012 berdasarkan data Badan Pusat Statistik meningkat 6,88 persen dibanding triwulan sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Sulsel masih ditopang belanja langsung atau konsumsi.

Sumber pertumbuhan ekonomi triwulan II terbesar berasal dari sektor pertanian sebesar 2,01 persen. Sementara bila year to year, sektor industri pengolahan paling besar yakni 2,28 persen.

Investasi asing di Sulsel hingga triwulan II tercatat USD22,1 juta dari tujuh proyek atau menurun dibanding periode yang sama pada 2011 yang mencapai USD65,4 juta dari 14 proyek.

Investasi asing yang masuk ke Sulsel hingga akhir Juni di antaranya penambahan kapasitas di PT Vale dan Liquefied Natural Gas (LNG) di Kabupaten Wajo.

Penurunan pada penanaman modal dalam negeri juga terlihat pada realisasi investasi yang tercatat hanya Rp922,6 miliar. Jumlah ini lebih rendah dibanding periode yang sama 2011 lalu yang mencapai Rp981,3 miliar. Jumlah proyek yang masuk juga menurun dari 17 menjadi 11 proyek.

"Investasi asing dan dalam negeri secara umum tidak memengaruhi pasar kita. Menghadapi krisis ekonomi global yang memengaruhi investasi, kita terapkan strategi penguatan ekonomi jangka pendek agar ekonomi tetap tumbuh dengan mengandalkan basis ekonomi pada pertanian, perdagangan, dan pariwisata," tutur Syahrul. (rif/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121009234904-pemprov-perkuat-basis-ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar