Selasa, 20 November 2012

Berwisata ke Selayar?, Ini Dia Jalur Transportasinya


Selasa, 20 November 2012
Makassar, – Saat ini di Selayar sedang menggelar acara wisata besar-besaran, yakni Takabonerate Island Expedition (TIE). Kabupaten yang menjadi andalan Sulawesi-selatan di bidang pariwisata bahari ini, menjadi buah bibir dan salah satu destinasi yang diimpikan oleh hobis wisata bahari.

Beragam lomba digelar sejak Oktober lalu, tak sedikit wisatawan mancanegara dan domestik jadi pesertanya. Sementara puncak acara TIE IV pada 21 hingga 23 November 2012.
Meski Selayar adalah sebuah pulau, namun akses menuju surga bahari ini tidaklah sulit. Untuk mencapaian lokasi, perusahaan penerbangan Expres Air akan membawa anda ke bandara H. Aeropala, Selayar dalam waktu 30 menit. Pesawat yang digunakan adalah jenis Dornier 328 dengan 32 seat.
Sementara untuk jalur darat, anda bisa star dari terminal Mallengkeri Makassar. Bus ini akan mengantar anda menikmati perjalanan sejauh 200 km, dengan waktu tempuh sekitar sembilan jam ke ibukota Selayar yakni Benteng. Ada sembilan armada yang bisa menjadi pilihan, yakni CV Sumber Baru, CV. Sumber Mas Murni, CV Aneka Transport, CV Sama Bahagia, CV Alam Jaya, CV Mahkota, CV Galang Perdana, CV Prima dan CV Bukit Rea-Rea.
Lain lagi kalau anda menggunakan kendaraan darat pribadi, anda bisa menuju pelabuhan untuk menggunakan jasa penyeberangan di Kab. Bulukkumba. Ada dua perusahaan penyeberangan yang akan melayani anda, yakni KMP Bontoharu dengan kapasitas penumpang 300 orang. Jenis kapal Roro (feri) ini melayani dua kali sehari setiap pukul 10.00 Wita dan pukul 15.00 Wita. Star dari pelabuhan Bira menuju Pamatata, dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Khusus hari senin dan Sabtu, penyeberangan hanya satu kali yakni pukul 10.00 Wita.
Sementara kapal CV Minanga Gassing Sulawesi, akan star dari pelabuhan Bulukkumba menuju Benteng juga memakan waktu dua jam. Kapal ini berjenis Fiber dengan kapasitas 200 penumpang, dengan jadwal pukul 10.00 dan 15.00 Wita.
Perjalanan memang cukup jauh, namun itu akan terbayarkan karena anda akan melihat Taka Bonerate versi terindah, jika berkunjung di bulan April sampai Juni dan Oktober sampai Desember. Selain itu, wisata pantai dan budaya sudah menanti kedatangan anda. [KM05]
Sumber: http://www.kabarmakassar.com/?p=19384

Tidak ada komentar:

Posting Komentar