Selasa, 20 November 2012

Pengembalian Dana Bergulir sudah 90 Persen


Selasa, 20 November 2012

Makassar - Pengembalian dana bergulir untuk kegiatan usaha kecil, menengah dan koperasi (UKMK) di Sulawesi Selatan sudah mencapai 90 persen dari jumlah yang disalurkan pada 2011.

“Dana yang disalurkan pada 2011 sebanyak Rp9 miliar, telah dikembalikan sekitar 90 persen,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel H Muh Yamin di Makassar, Selasa (20/11/20120

Menurut dia, dana bergulir yang bertujuan membangkitkan ekonomi kerakyaratan itu telah membuahkan hasil yang cukup memadai.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, penyaluran dana bergulir sebanyak Rp9 miliar itu ditujukan pada UKM yang bergerak di sektor produksi.
Sementara jumlan UKM yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel sekitar 9.000 unit dan dari jumlah tersebut umumnya didominasi industri makanan olahan.

Khusus jumlah koperasi di Sulsel, tercatat sebanyak 1.500 unit, namun yang aktif hanya sekitar 300 unit.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pihak Dinas Koperasi di masing-masing daerah melakukan verifikasi koperasi yang masih layak beroperasi.

“Koperasi yang dinilai masih layak beroperasi akan diberi bantuan pelatihan atau manajemen, sehingga dapat bangkit kembali,” katanya.

Menurut dia, sejumlah koperasi yang tidak aktif lagi, bukan disebakan permodalan namun karena lemahnya manajemen.
Karena itu, lanjut dia, bantuan yang akan diberikan bukan lagi berupa bantuan dana, melainkan bantuan manajemen. [km2]

Sumber : http://www.kabarmakassar.com/?p=19426

Tidak ada komentar:

Posting Komentar