Senin, 26 November 2012

Hingga Oktober, Pendapatan Sulsel Rp3,82 T


SENIN, 26 NOVEMBER 2012 
MAKASSAR,  — Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Selatan mengaku  hingga Oktober 2012, realisasi pendapatan Sulsel telah mencapai Rp3,82 triliun.
Sementara sepanjang tahun 2012, Pemprov Sulsel dari awal telah menetapkan target pendapatan Sulsel mencapai Rp4,66 triliun.
Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan Dispenda Sulsel, Harmin mengatakan, dari jumlah realisasi sampai Oktober itu, pendapatan tertinggi bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan jumlah Rp1,57 triliun dari target PAD tahun ini senilai Rp2,3 triliun.
“Target PAD tahun ini Rp2,3 triliun, dan sejauh ini sudah mencapai Rp1,57 triliun,” jelas Harmin, di kantor Dispenda Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, pekan lalu.
Lanjut, ia mengatakan, dana perimbangan daerah merupakan tertinggi kedua dengan jumlah yang mencapai Rp1,14 triliun.
“Sementara pendapatan lain-lain yang sah, sampai Oktober kemarin realisasinya sebesar Rp882 miliar dari target yang ditetapkan yakni Rp969 miliar,” katanya.
Lebih rinci, Harmin menjelaskan, khusus PAD, sektor yang paling berkontribusi besar adalah dari sektor penerimaan pajak kendaraan bermotor, dengan realisasi yang mencapai Rp1,57 triliun.
Tingginya pendapatan dari sektor tersebut, kata dia, dipengaruhi pesatnya pertumbuhan kendaraan di Sulsel dalam beberapa tahun terakhir.
Dari data yang dikeluarkan Dispenda Sulsel, jumlah kendaraan sampai saat ini mencapai 2,4 juta unit, dan sekitar 1,1 juta unit diantaranya adalah kendaraan roda dua.
Tahun 2013, pendapatan Sulsel ditargetkan akan mencapai Rp4,8 triliun, sebesar Rp2,7 triliun di antaranya bersumber dari PAD. Sementara sisany diharapkan dari dana perimbangan, pendapatan lain-lain yang sah, serta pinjaman pembangunan infrastruktur jalan ke Pusat Investasi Pemerintah sebesar Rp500 miliar. (eky/ami)
Sumber: http://cakrawalaberita.com/ekonomi/hingga-oktober-pendapatan-sulsel-rp382-t

Tidak ada komentar:

Posting Komentar