Senin, 26 November 2012

Realisasi Penyaluran KUPS Sulsel Capai Rp52 Miliar


SENIN, 26 NOVEMBER 2012 

MAKASSAR, CAKRAWALA — Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak) Sulsel mengaku realisasi penyaluran kredit usaha pembibitan sapi (KUPS) di Sulsel sepanjang tahun 2012 telah mencapai Rp52 miliar.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Murtala Ali menjelaskan, program tersebut telah memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan populasi sapi di Sulsel.
“Penyaluran dana KUPS melalui dua perusahaan penjamin, yakni PT Berdikari United Livestock Indonesia (BULI) yang beroperasi di Kabupaten Sidrap dan satu lagi perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Enrekang,” jelas Murtala Ali, di Makassar, Minggu, 25 November.
Dia mengaku, terdapat sejumlah perubahan persyaratan bagi peternak yang ingin mengakses program tersebut. Diantaranya penghapusan agunan dan penyaluran dana tidak lagi melalui lembaga berbadan hukum, tetapi cukup dengan membentuk kelompok.
Perubahan persyaratan tersebut, kata Murtala,  telah disosialisasikan ke perbankan sehingga penyaluran dana KUPS bisa lebih meningkat.
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel menargetkan realisasi KUPS sampai akhir tahun 2012 mencapai Rp250 miliar.
“Sejak program KUPS diluncurkan 2010 lalu, peternak masih kesulitan mengakses kredit pengembangan sapi karena ketatnya persyaratan yang ditetapkan perbankan. Meskipun pemerintah pusat telah memberikan subsidi bunga,” katanya.
Lebih jauh, Murtala Ali mengatakan, realisasi penyaluran dana KUPS tahun 2011 lalu mencapai Rp53,8 miliar. Khusus untuk tahun 2012, program tersebut direncanakan akan diperluas ke empat kabupaten lainnya, seperti Maros, Bone, Sinjai, dan Barru.
Sebelumnya diketahui, Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian  telah menurunkan tim untuk mensurvey program tersebut. Khusus untuk Provinsi Sulsel, ada lima perbankan yang melakukan penyaluran dana KUPS di antaranya,  BRI, Mandiri, BNI, Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri dengan suku bunga 5 persen pertahun. (eky/ami)
Sumber: http://cakrawalaberita.com/ekonomi/realisasi-penyaluran-kups-sulsel-capai-rp52-miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar