Senin, 10 Desember 2012

Sayang Siap Gratiskan SPP Mahasiswa


SENIN, 10 DESEMBER 2012 
alt
Sementara Dikaji Tim dan Profesor
 MAKASSAR,  – Setelah sukses dengan pendidikan gratis untuk tingkat SD, SMP, dan SMA selama lima tahun masa baktinya, pasangan Cagub-Cawagub Sulsel Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) berusaha menggratiskan biaya sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) untuk tingkat perguruan tinggi swasta maupun negeri di Sulsel.
“Kenapa tidak, kita akan gratiskan biaya SPP mahasiswa baru. Tapi saya belum bisa beberkan secara gamblang  karena masih dikaji oleh tim,” kata Syahrul saat berada di Kabupaten Sidenreng Rappang, Minggu, 9 Desember.
Dia mengatakan, semua yang dilakukan oleh pasangan Sayang tersebut tak lain hanya untuk kepentingan masyarakat di Sulsel.
“Itulah gunanya pemerintah. Harus selalu menjadi rahmat dan perlindungan bagi rakyatnya. Pendidikan dan kesehatan menjadi hak dasar warga, pemerintah harus memberikan jaminan setinggi-tingginya,” kata Syahrul.
Lantas bagaimana teknis rencana program pendidikan gratis SPP bagi mahasiswa di Sulsel? Mantan Juru Bicara (Jubir) Sayang, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan bahwa itu telah dipikirkan Syahrul sejak lama.
“Dan kami masih terus melakukan pengkajian, tim bersama profesor. Sepertinya, dua semester pertama itu atau setahun itu gratis SPP bagi mahasiswa baru,” beber Imam.
Hanya saja Imam belum bisa memberikan penjelasan lebih mendalam, karena saat ini masih dikaji terus posibilitasnya.
Tapi yang jelas, lanjut akademisi Unhas ini, kalau hanya untuk setahun SPP gratis, Pemerintah Provinsi Sulsel bisa merealisasikannya.
“Asumsinya, setiap tahun mahasiswa baru di Sulsel mencapai 30 ribu orang. Dengan asumsi setiap mahasiswa SPP Rp1 juta -Rp1,5 juta maka itu hanya membutuhkan Rp45 miliar, totelansinya bisa mencapai Rp60 miliar. Saya pikir ini possible,” jelas Imam, Minggu, 9 Desember, di Makassar.
Jika S1 saja Sayang bisa bebaskan SPP-nya, bisa saja dilakukan, karena untuk S3, sudah ada program pendoktoran yang akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.
“Jika pada periode pertama Sayang sudah bisa doktorkan 100 orang per tahun gratis, maka periode kedua itu bisa bertambah,” kata Imam.
Ini dilakukan Sayang, kata Imam, tak lain perhatian Sayang untuk meningkatkan derajat pendidikan di Sulsel. “Dengan biaya SPP gratis bagi mahasiswa baru, maka itu paling tidak akan memberikan bantuan besar bagi orangtua siswa membiayai anaknya kuliah,” kata Imam. (*/soe)
Sumber: http://cakrawalaberita.com/politik/sayang-siap-gratiskan-spp-mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar