Senin, 27 Februari 2012

Disnak Fokus Tangani Penyakit Hewan

SENIN, 27 FEBRUARI 2012


Tahun ini Dinas Pe­ternakan melakukan upaya total penanggula­ngan segala jenis penyakit hewan, tak tanggung-tanggung untuk menyuk­seskan program ini pemerintah juga telah menyiapkan anggarannya sebesar Rp2 miliar.  
“Jadi kita memang  fokuskan pada pe­nanggulangan penyakit  semua jenis hewan. Kita juga sudah  siapkan anggaran Rp2 miliar, tapi jumlah tersebut belum termasuk bantuan anggaran dari pusat,” Kata Kadis Peternakan Sulsel, Murtala Ali, belum lama ini.
Untuk menunjang kegiatan itu, pihaknya telah melakukan pemetaan jenis penyakit . Ini dilakukan agar tim yang telah dibentuk dapat lebih mudah menangani setiap laporan atau kasus yang diterima. Tapi kalau soal flu burung, antraks akan ditangani secara khusus. 
Menurut Murtali, dari sekian banyak jenis penyakit hewan, hanya flu burung merupakan jenis penyakit bervirus dan bisa meluas bila tidak diantisipasi.
“Makanya kita harus dilakukan penyem­protan secara menyeluruh. Semua peternak unggas berskala besar agar melakukan penyemprotan secara berkala,” katanya.
Sedangkan untuk jenis penyakit antraks, sifatnya hanya on the spot. Artinya, jenis penyakit ini hanya terjadi pada daerah-daerah tertentu saja, dan sejauh ini jenis penyakit hewan tersebut masih bisa dikendalikan.  
“Kami sudah bekerjasama dengan pemerintah Australia dalam rangka melakukan langkah terbaik penanggula­ngan penyakit hewan,” kunci Murtala Ali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar