Senin, 27 Februari 2012

Ujian Nasional SMA/SMK 2012- Peserta di Sulsel Capai 104.130 Siswa

Senin, 27 Februari 2012


MAKASSAR – Ujian Nasional (UN) 2012 untuk tingkat SMA/- MA/SMK di Sulsel akan diikuti 104.130 siswa. Peseta untuk tingkat SMA terdiri dari jurusan IPA sebanayak 32.371 siswa,jurusan IPS 26.484,dan jurusan Bahasa 333.


Adapun peserta untuk tingkat SMK berjumlah 34.000 siswa. Sedangkan untuk Madrasah Aliah (MA),terdiri dari jurusan IPA 3.978, jurusan IPS 6.579 siswa, jurusan Bahasa 133 orang, dan jurusan Agama 177 orang siswa. Sementara untuk SMA Luar Biasa jumlah totalnya 75 siswa. “Jumlahitudiperolehdaridata seluruh sekolah yang telah kami rampungkan,”ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Abd Jabbar,kemarin. Jabbar menyebutkan, tidak banyak perubahan format UN dibandingkan dengan tahun lalu. Jadwal UN untuk SMA/MA rencananya akan berlangsung pada 16-18 April 2012.

Khusus jurusan IPA, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Matematika, Kimia dan Biologi. Untuk jurusan IPS,mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi,Matematika,Sosiologi, dan Geografi. Bagi jurusan Bahasa, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Asing, Matematika, Antropologi dan Sastra Indonesia. “Target kelulusan untuk SMA/SMK tahun ini 99%.Tahun lalu itu mencapai 98,71%.Kami optimistis target ini bisa tercapai,”pungkasnya.

Sementara itu, untuk peserta UN tingkat SD-SMP 2012 ini, hingga sekarang belum rampung. Menurut Jabbar,itu dikarenakan masih banyak sekolah yang belum melaporkan peserta UN di sekolahnya. Saat ini, banyak sekolah swasta,khususnya di Makassar, sehingga data soal jumlah peserta ujian belum bisa dirampungkan. “Data peserta SDSMP masih bisa berubah. Khusus Makassar, banyak sekolah swasta dan tidak jelas pesertanya,” ujar dia.

Oleh karena itu,dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengumpulkan seluruh kepala sekolah di Sulsel agar segera mengkonkretkan jumlah pasti peserta UN tahun ini. “Kita juga akan melakukan penghitungan ulang, apakah besar data yang disampaikan benar atau tidak. Ini utamanya sekolah swasta,”tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Patabai Pabokori menjelaskan, UN dijadwalkan secara serentak akan berlangsung mulai 16 April 2012 mendatang, dengan tetap menggunakan lima jenis atau tipe soal. Selain itu,kata dia,kelas hanya diisi 20 siswa, dan soal dibagikan secara acak sehingga siswa tidak bisa menebak akan mendapatkan soal jenis A,B,C, D,atau E. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar