Rabu, 29 Februari 2012

Kemendagri Kamboja Belajar di Sulsel

Rabu, 29 Februari 2012 



Makassar - Seperti Indonesia, Kamboja merupakan salah satu negara kerajaan di Asia Tenggara yang sedang berbenah pada dimensi birokrasi. Upaya desentralisasi mereka dicetus sejak tahun 90-an. Tahun 2008 negara yang pernah terlibat konflik berdarah itu merestrukturisasi level pemerintahannya secara intens untuk mendukung inisiatif tersebut.

Untuk memperoleh gambaran proses desentralisasi dan perencanaan pembangunan mereka giat belajar tentang metode dan praktek serupa, salah satunya dengan belajar ke Indonesia.

Tanggal 29 Februari 2012, lima perwakilan Kemendagri Kamboja berkunjung ke Sulsel dan diterima oleh Kepala Bappeda Sulsel yang diwakili oleh plt Bidang Kelembagaan dan SDM Bappeda, Ir. Juliana Makkarumpa, M.Si, serta para pejabat struktural dan fungsional di kantor Bappeda Sulsel.

Kunjungan pejabat bidang politik, pemerintahan daerah, administrasi ini untuk melihat kerangka sistem perencanaan pembangunan daerah kaitannya dengan RPJMD, RKPD Provinsi, proses penyusunan RPJMD dan RKPD serta mekanisme koordinasi antara perencanaan pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

Dr. Muhammad Taufik, M.Si, Kasubid di Bidang Ekonomi Bappeda Sulsel mempresentasikan alur perencanaan dan penganggaran provinsi, serta pengalaman dan dimensi terkait Musrenbang. Selain itu dijelaskan pula potensi ekonomi unggulan provinsi seperti beras, udang, jagung, kakao dan potensi lainnya.

Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2012/02/29/kemendagri-kamboja-belajar-di-sulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar