Rabu, 07 Maret 2012

Pemprov Evaluasi Kinerja Guru

RABU, 07 MARET 2012 


MAKASSAR,  – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menggandeng Universitas Indonesia Makassar (UIM) untuk melakukan evaluasi kinerja guru setelah adanya sertifikasi yang dikeluarkan pemerintah.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulsel, Idrus Hafid, mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng UIM dalam evaluasi tersebut karena UIM bukan perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi guru.
“Ini sebagai upaya agar dalam evaluasi ini, yang menilai tetap netral, karena UIM tidak masuk sebagai penyelenggaran sertifikasi guru. Jadi, ini metodenya adalah studi kasus dari masukan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI) dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulsel,” kata Idrus Hafid, di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 6 Maret.
Studi kasus ini, kata dia, untuk mengevaluasi kinerja guru setelah menerima sertifikasi dan telah menjadi salah satu program prioritas pada 2012.
“Parameter yang telah ditetapkan dalam studi kasus ini di antaranya kualitas guru dalam mengajar anak didiknya dan jalur guru dalam memperoleh sertifikasinya.Sementara jalur sertifikasi guru itu kan ada yang melalui pelatihan satu minggu ada juga sampai tiga atau empat bulan,” terangnya.
Selain itu, masih kata dia, masih ada parameter lain yang akan digunakan dalam studi kasus tersebut adalah guru mana yang menerima sertifikasi apakah guru kelas atau guru bidang studi.
Diketahui sebelumnya, berdasarkan dari data PGRI, secara keseluruhan total jumlah guru yang ada Sulsel sebanyak 83 ribu orang, dan 23 ribu orang di antaranya telah disertifikasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar