Rabu, 04 April 2012

Gubernur Sulsel Raih Penghargaan Persandian 

Rabu, 04 April 2012

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mendapat penghargaan Dharma Persandian Utama dari Lembaga Sandi Negara RI, Rabu (4/4).

Penyerahan penghargaan tersebut bertepatan pada peringatan HUT ke-66 Lembaga Sandi Negara di kantor Lembaga Sandi Negara RI, Jakarta.

?Penghargaan/piagam Dharma Persandian Utama untuk gubernur Sulsel diterima oleh  Kepala Biro Humas dan Protokol Agus Sumantri dari Kepala Lembaga Sandi Negara, Mayjen TNI Dr Djoko Setiadi, M.Si.

Penghargaan ini diraih gubernur Sulsel atas dasar penilaian dari Lemsaneg RI, karena kepedulian SYL selama 4 tahun berturut turut mampu mengembangkan komunikasi dan persandian dalam wilayah Sulawesi Selatan.

Selain itu, peran pemerintah Sulsel dalam membantu penyelenggaraan kegiatan Unit Teknis pengelola persandian baik di TNI / Polri dan aktifitas persandian di daerah secara umum mampu mengimplementasikan amanat Kepres No.103 tahunn 2001 utk mengelola Persandian Nasional.

Kepres tersebut diejawantahkan melalui sistem persandian negara yang secara kongkrit mengatur dan mensinergikan sumberdaya persandian, material sandi, dan jaring komunikasi sandi nasional untuk bekerjasama dalam sebuah sistem, dalam menyelenggarakan jaminan keamanan informasi dan intelejen sinyal.?

Tema HUT ke-66 "Dengn persandian kita bertekad menyatukan semangat reformasi birokrasi demi terwujudnya insan persandian yang solid dan profesionalisme dala rangka ikut serta mewujudkan kepemerintahan yang baik".

Selain memberikan penghargaan kepada Gubernur SYL, juga memberikan penghargaan serupa kepada Gubernur Lampung dan Riau.

Kepala Lemsaneg RI Djoko Setiadi dalam sambutannya memberi apresiasi kepada tiga Gubernur atas perhatiaanya dalam menjaga kerahasiaan informasi, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak meningkatnya ancaman terhadap keamanan informasi, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Djoko menambahkan, pemanfaatan persandian harus menjadi prioritas kebijakan negara, karena hanya dengan kemampuan menjaga informasi strategis, jalannya pemerintahan dan stabilitas negara akan dapat tercapai secara optimal.

Persandian pada hakekatnya memiliki 2 fungsi yakni Jaminan keamanan informasi (information assurance) dan intelejen sinyal (signal intelegence).


Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2012/04/04/gubernur-sulsel-raih-penghargaan-persandian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar