Rabu, 04 April 2012

Pemprov Sulsel Akan Gelar Operasi Pasar

Rencana pemerintah pusat untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu mengatrol harga kebutuhan pokok. Meski rencana yang tersebut batal naik per 1 April 2012 namun kenaikan harga bahan pokok tidak bisa dicegat lagi. Saat ini kenaikan harga bahan pokok masih dalam batas-batas normatif. Hal itu dikatakan Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo di Kantor Gubernur, Senin,  2 April 2012.

Apabila harga bahan pokok mengalami kenaikan yang diluar batas maka pihaknya berjanji akan melakukan operasi pasar di lapangan. Kalau sampai pada titik-titik tertentu yang sudah meresahkan maka akan dilakukan sidak kemudian sesudah itu kita akan cek buffer stock (cadangan persediaan) dan pendistribusiannya  bagaimana. Jika mekanisme itu telah ditempuh, namun masih terjadi kemacetan di tingkat distribusi maka pemerintah harus melakukan operasi untuk melihat kemungkinan terjadinya penimbunan atau sumbatan sistem.

Gubernur Sulawesi selatan, H. Syahrul Yasin Limpo menghimbau kepada seluruh perangkat pemerintahan hingga camat dan kepala pasar di seluruh kabupaten/kota agar turun langsung ke lapangan melakukan tindakan normalisasi harga kebutuhan pokok di pasaran. Dengan langkah antisipasi itu, diharapkan harga bahan pokok tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Dinas Perindustrian dan perdagangan juga harus melakukan tugas fungsionalnya, jika semua sudah turun tangan semuanya akan teratasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar