Kamis, 05 Juli 2012

Rp 12,5 T Uang Masuk Sulsel Per Bulan


 Kamis, 5 Juli 2012 
MAKASSAR, --Aktivitas perbankan di Makassar dua bulan terakhir ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kenaikan ini diperkirakan karena banyaknya momen pemicu seperti masa liburan sekolah, penerimaan siswa baru, beragam kegiatan nasional, dan lainnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), rata-rata transaksi di Sulsel mengalami peningkatan pada Mei 2012. Dari sisi non tunai, nilai transaksi BI-RTGS (transfer antar bank) yang masuk ke Sulsel tercatat Rp 12,5 triliun dari Rp 8,2 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara transaksi BI-RTGS dari Sulsel ke luar Sulsel juga mengalami peningkatan dari Rp 4,8 triliun pada Mei 2011 menjadi Rp 5,2 triliun pada Mei 2012. "Ini belum termasuk transaksi jenis kliring," kata Peneliti Ekonomi Madya Senior BI, Gusti Raizal Eka P, di Makassar, Kamis (5/7).

Peningkatan transaksi perbankan juga terjadi di sejumlah bank di Kota Makassar. Di Bank Panin Kantor Cabang Utama (KCU) Makassar misalnya. Deputy Branch Manager Bank Panin makassar, A Hudli Huduri, mengatakan, transaksi di Bank Panin dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, Maret-Juni, mengalami peningkatan sekitar 25 persen dari bulan-bulan sebelumnya.

Peningkatan ini, katanya, terjadi di semua jenis transaksi baik langsung melalui teller, jaringan ATM, hingga internet seperti mobile banking. "Tabungan juga banyak tapi yang lebih mencolok itu jenis giro," katanya. Namun, Hudli tidak merinci besaran transaksi tersebut.

Seiring dengan peningkatan transaksi perbankan, Gusti menambahkan, peningkatan transaksi dipicu pertumbuhan ekonomi Sulsel yang cukup tinggi. Selain itu, masyarakat juga semakin mengenal produk-produk yang diberikan oleh perbankan.

Terpisah, Kepala Operasional BCA Ahmad Yani, Heri Soerjono, kemarin, menjelaskan, transaksi reguler di bank tersebut juga terus meningkat. Transaksi tersebut bahkan mencapai Rp 40 miliar-Rp 50 miliar per hari baik untuk setoran tunai maupun penarikan. 

“Secara keseluruhan untuk jumlah sirkulasi perputaran uang di BCA semua sama baik penarikan maupun penyetoran. Pada hari biasa sekitar 50 Miliar untuk semua transaksi, nah di bulan Ramahan memang meningkat dua kali lipat untuk semua jenis transaksi,” ujarnya.
Sumber:http://makassar.tribunnews.com/2012/07/05/rp-125-t-uang-masuk-sulsel-per-bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar