Senin, 09 Juli 2012

Tekan Pengangguran, Pemprov Kerahkan Tenaga Sukarela

SENIN, 09 JULI 2012

MAKASSAR, – Untuk menekan angka pengangguran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menurunkan 44 orang tenaga kerja sukarela ke seluruh kabupaten/kota.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Sulsel, Saggaf Saleh, mengungkapkan, 44 Tenaga Kerja Sukarela ini merupakan sarjana dari sejumlah perguruan tinggi yang akan bertugas memberikan pembinaan kepada masyarakat agar mereka kreatif dalam menciptakan peluang usaha.
“Jadi, sebelum kami diturunkan, mereka dilatih terlebih dahulu di tingkat provinsi. Tugas utamanya untuk membina membina masyarakat untuk memperoleh pekerjaan. Baik di perusahaan maupun dengan membuka peluang usaha sendiri,” jelas Saggaf saat dihubungi, Minggu, 8 Juli.
Dari data Disnakertrans Sulsel menyebutkan, hingga saat ini, angka pengangguran di Sulsel mencapai 235 ribu orang. Olehnya itu, kata dia, pemerintah harus mencari solusi termasuk melakukan pembinaan.
Saggaf berharap, dengan kegiatan tersebut setidaknya akan dapat menurunkan angka pengangguran menjadi 6,5 persen hingga akhir tahun 2012 ini.
“Kalau tahun 2011 lalu, presentase pe­ngangguran terbuka Sulsel masih mencapai 6,7 persen dari total angkatan kerja sebanyak 3,6 juta orang,” jelasnya.
Ia juga menambahkan, proses pembinaan oleh tenaga kerja sukarela dilakukan bersama disnakertrans di kabupaten/kota.
Tahun 2012 ini, masih kata dia, jumlah tenaga sukarela rencananya kembali akan ditambah. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi disebutkan akan segera menurunkan sebanyak 1300 tenaga kerja dengan kualifikasi sarjana untuk menekan angka pe­ngangguran di seluruh Indonesia. (eky/ism)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar