Jumat, 24 Agustus 2012

Hari Pertama Kerja - Syahrul dan Ilham Puas Kehadiran PNS

Jumat, 24 Agustus 2012
MAKASSAR – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengaku puas atas tingkat kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) pada hari pertama kerja pascacuti bersama Lebaran Idul Fitri,kemarin.

Syahrul dan Ilham sama-sama menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup pemerintahan masing- masing.Setelah menggelar sidak, kedua tokoh yang akan bersaing di Pemilihan Gubernur Sulsel 2013 ini memuji tingkat kehadiran bawahannya tersebut. “Dari pantauan di beberapa kantor, hanya sekitar 1% saja PNS yang belum masuk kantor. Ada karena alasan sakit, dan juga izin.Saya cukup puas atas kesadaran PNS untuk mulai beraktivitas melayani masyarakat,” ungkap Ilham.

Hal yang senada juga dilontarkan Syahrul seusai mendatangi sejumlah SKPD.“Alhamdulilah dari hasil pantauan kami, kehadiran PNS di atas 98%. Angka itu jauh lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya saat ditemui di Rumah Sakit (RS) Haji Makassar kemarin. Ilham Arief Sirajuddin menggelar sidak di sejumlah kantor pemerintahan.

Dalam sidak di Kantor Gabungan Dinas tersebut wali kota tidak menemukan adanya PNS yang bolos. Dia kemudian melanjutkan sidak ke kantor Kecamatan Tamalate yang berada di kawasan Metro Tanjung Bunga. Di kantor tersebut,empat PNS diketahui tidak masuk kantor. Ilham lalu meminta kepada Kepala Badan Kepegawaian(BKD),Muh Kasim Wahab menyiapkan sanksi bagi PNS tersebut, terutama yang tidak memberikan alasan.

“Kami tetap akan memberikan sanksi bagi PNS yang tidak memberi alasan soal ketidakhadirannya pada hari pertama ini. Sanksi itu bisa berupa teguran, surat peringatan,hingga penundaan kenaikan pangkat dan gaji,”ujar Muh Kasim.

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Makassar Rahman Pina mengatakan, BKD harus tegas dalam urusan sanksi bagi PNS yang kerap menambah libur. “Jika ada yang sakit itu juga harus ada keterangan dari dokter,”jelasnya. Sementara itu,angka kehadiran PNS di lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel pada hari pertama kerja kemarin diklaim mencapai 98%.

Syahrul yang melakukan sidak sekaligus halal bihalal ke sejumlah SKPD mengakui, di setiap SKPD,rata-rata hanya empat orang PNS yang tidak hadir. Alasannya sama yakni karena sakit,izin,dan cuti.“Saya cukup puas dengan kehadiran PNS ini. Dengan demikian, pemberian pelayanan masyarakat bisa tetap berjalan,”ujarnya. ● andi amriani/wahyudi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar