Jumat, 24 Agustus 2012

Sulawesi Selatan Butuh Industri Pertanian


Wakil Gubernur Sulsel, H. Agus Arifin Nu’mang berharap pada penyelenggaraan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) yang bakal dihelat kali ini, ada pengusaha yang tertarik membangun industri pertanian karena Sulsel butuh agroindustri. Hal tersebut sejalan dengan program MP3EI yang dicanangkan presiden.
Menurut Agus, Kamis, 23 Agustus 2012 dalam koridor ekonominya, Sulsel masuk wilayah produksi dan pengolahan hasil pertanian, contohnya jagung. Selama ini jagung Sulsel lebih banyak dijual ke Jawa dalam bentuk pipilan. Padahal produksi berlimpah dan sangat memungkinkan dijadikan industri. Misalnya saja industri pakan ternak atau bio diesel sehingga  tak perlu lagi mendatangkan pakan ternak dari Jawa. Pasar kita sangat besar, dengan penduduk hampir 10 juta.
Selain jagung, talas yang dikembangkan di Kabupaten Bantaeng juga jadi contoh. Produk talas yang sudah diolah sudah mempunyai pasar ekspor ke Jepang . Namun, volume ekspor belum sebanding kebutuhan masyarakat Jepang yang menggemari talas. Agus berharap, segala potensi itu bisa disambut saudagar yang hadir pada PSBM. Apalagi ajang tahunan ini mengangkat tema “Menguatkan sprit Saudagar Bugis-Makassar yang Inovatif dalam Meningkatkan  Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Dengan adanya agroindustri di Sulsel, otomatis akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi.
Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/sulawesi-selatan-butuh-industri-pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar