Senin, 03 September 2012

Kerja Sama Bajaj India - Pemprov Siapkan 10 Desain Motor Lokal



Selasa, 04 September 2012


MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera menindaklanjuti penjajakan kerja sama pembuatan motor lokal dengan produsen otomotif asal India,Bajaj.Saat ini,Dinas Perindustrian dan Perdagang (Disperindag) telah menyiapkan 10 desain sepeda motor yang rencananya akan diproduksi di Sulsel.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan, model sepeda motor ini nantinya akan ditunjukkan kepada perusahaan Bajaj saat berkunjung ke India, September 2012 mendatang. “Kami akan membawa ini ke India pada dua pekan mendatang, sekalian kita akan memilih mesin motor Bajaj yang cocok diproduksi di Sulsel,” katanya kepada wartawan kemarin.

Menurut dia, sebagian besar sepeda motor ini mesinnya diproduksi langsung oleh Bajaj. Sedangkan beberapa peralatan dan gandengan motornya akan diproduksi di Sulsel. “Khusus daerah ini, kita akan pilih mesin yang berkapasitas 125 CC karena cocok dengan karakteristik jalan kita. Dan ini khusus dipasarkan di Indonesia,”bebernya.

Sebelumnya, kata dia,pihak pemprov dan Bajaj telah menyepakati produksi bersama sepeda motor dan pemasarannya.Sekitar 80% buatan Bajaj, dan 20% lebihnya buatan Sulsel. Khusus pembuatan mesin dan rangka, kata dia, ada beberapa spesifikasi yang tak boleh diganggu, lantaran Bajaj telah memiliki spesifikasi secara khusus. Sehingga, ada sebagian komponen motor tersebut yang tak boleh diganggu hak patennya.

Selain itu,ada beberapa bahan lainnya dari Sulsel yang akan ditunjukkan ke perusahaan Bajaj di India untuk mencocokkan spesifikasinya, sehingga bisa digandeng untuk komponen lokalnya. “Kita mau secepatnya (kerja sama) supaya bisa kita launching pada Hari Jadi Sulsel Oktober mendatang, paling tidak di situ sudah bisa penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS),”tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Syahrul Yasin Limpo menjamu Vice President Director Bajaj, Dinesh Kulkami di Kantor Gubernur Sulsel.Pertemuan tersebut merupakan pembahasan lanjutan dari rencana keduanya untuk merancang sepeda motor lokal, yang dikhususkan untuk masyarakat pedesaan di Sulsel. Irman yang juga adik kandung Syahrul tersebut menambahkan, beberapa onderdil sepeda motor yang bisa dibuat di Sulsel,mulai dari chasis, body, ban, spion,serta lain-lainnya.

Hanya saja,untuk mesin,masih bergantung pada Bajaj,karena keterbatasan peralatan. Pemprov Sulsel juga merancang untuk membuat dua model,yakni jenis bebek dan motor sport. wahyudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar