Senin, 03 September 2012

Pendidikan Gratis Diusul Naik Rp14 M



Senin, 03 September 2012
MAKASSAR– Pemprov Sulsel bakal menambah anggaran untuk program pendidikan gratis 2013 sebesar Rp260 miliar. Jumlah tersebut lebih besar sekitar Rp14 miliar dari 2012 yang hanya Rp246 miliar. 

Peningkatan anggaran tersebut hanya dikhususkan untuk tingkat SMA/SMK, dari Rp76 miliar menjadi Rp90 miliar. Sedangkan tingkat SD-SMP masih sama dengan anggaran 2012 yakni Rp170 miliar. ”Untuk pendidikan gratis SMA memang kita usulkan ada kenaikan.Karena yang kita tanggung itu tenaga pendidik dan tenaga kependiidkan,”kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel Abd Jabbar,kemarin.

Dibanding tahun sebelumnya, konsep pendidikan gratis 2013 telah berbeda dengan program empat tahun terakhir. Anggaran yang dipergunakan tidak lagi membiayai langsung peserta didik. Jabbar menerangkan, konsepnya kini mulai diperuntukkan terhadap peningkatan mutu pendidikan serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) para tenaga pendidik.

Membengkaknya anggaran pendidikan gratis juga disebabkan peruntukkannya tidak lagi memakai konsep tujuh item pembiayaan, melainkan telah bertambah menjadi 20 item. ”Jadi sekarang ini semuanya bagi tenaga pendidikan,administrasi, remedial,akademik siswa, ekstra kurikuler, serta kelebihan mengajar bagi tenaga pendidik. Itu sekarang konsep pendidikan gratis,”ujar dia saat dihubungi SINDO.

Terkait peningkatan anggaran program andalan Pemprov Sulsel ini,masih menjadi pengusulan. Sebab masih menunggu persetujuan DPRD Sulsel. Jabbar menambahkan, biaya pendidikan gratis tidak lagi untuk biaya operasional sekolah (BOS). Pasalnya, telah ada anggaran khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait biaya operasional.

Menurut dia, dana BOS untuk jenjang SMA/SMK yang akan dikucurkan mulai tahun 2013 mendatang sebesar Rp1 juta per siswa setiap tahunnya. Tahun ini dana BOS yang sudah digulirkan masih berupa rintisan, sehingga besarnya dana yang dialokasikan masih sangat sedikit, yakni hanya sebesar Rp120.000 /siswa/tahun. Dana tersebut diakui belum mampu mencukupi untuk menunjang operasional sekolah.

Apalagi biaya operasional yang dibutuhkan jenjang SMA/SMK lebih besar dibandingkan dengan biaya operasional jenjang SD dan SMP. Diketahui,jumlah dana BOS 2012 ini meningkat Rp288 miliar dari anggaran 2011 yang hanya Rp638 miliar.Namun dari Rp926 miliar ini Sulsel hanya bisa mencairkan Rp880 miliar,selebihnya merupakan dana cadangan.

Kota Makassar mendapatkan jatah dana BOS tertinggi dari daerah lain di Sulsel,di mana mencapai Rp131 miliar. Khusus SD di Makassar, dialokasikan Rp87 miliar, sedangkan tingkat SMP Rp43,9 miliar. ● wahyudi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar