Sabtu, 24 November 2012

BKPRS Deklarasi Pembangunan Penerbangan dan Listrik


SABTU, 24 NOVEMBER 2012 

MAKASSAR,  – Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi akhirnya mencetuskan “Deklarasi Makassar” dengan berkomitmen membangun infrastruktur listrik dan jaringan penerbangan antar pulau Sulawesi.
Deklarasi Makassar yang digagas mantan Wapres Jusuf Kalla berdasarkan hasil pertemuan Gubernur se-Sulawesi di Wisma Kalla, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 22 November.
“Infrastruktur sangat dibutuhkan untuk melacarkan pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Untuk mewujudkan hal itu peran pemerintah dan swasta harus bersinergi tidak hanya pemerintah saja,” kata Jusuf Kalla. 
Menurutnya, suatu daerah yang ingin maju membutuhkan infrastruktur pendukung seperti jalan, angkutan laut dan udara termasuk energi, dan telekomunikasi. Sebab Infrastruktur inilah yang memajukan ekonomi.
“Meskipun penduduk Pulau Jawa besar dibanding Pulau Sulawesi, namun mobilitas lebih tinggi di Sulawesi. Aktivitas juga mobilitas orang di Sulawesi lebih lancar dibanding Jawa. Transportasi udara adalah jalur alternative bagi penumpang dan pelaku ekonomi,” tuturnya, dikutip dari Kantor Berita Antara.
Jusuf Kalla menyatakan, PT Garuda Indonesia Group, diminta agar mengembangkan program di Sulawesi. Selain itu, soal energi mesti dibicarakan secara serius, karena di Sulawesi hanya mampu menyiapkan bahan baku sementara pengelolaannya masih dari kelola pihak luar.
“Bagaimana kita membangun energi nasional, kalau pusatnya energi diluar sulawesi. Untuk mengubah wajah Sulawesi, mesti dibahas serius.
Kalau masalah transportasi dan energi dapat diselesaikan, tentu saja Sulawesi menjadi tempat paling tepat berinvestasi,” ucapnya. (*/ami)
Sumber: http://cakrawalaberita.com/ekonomi/bkprs-deklarasi-pembangunan-penerbangan-dan-listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar