Kamis, 06 Desember 2012

Rute Penerbangan Manila-Makassar Dirintis


Kamis, 6 Desember 2012

Konjen Philipina Jose Dela Rosa Burgos (kiri), saat bertemu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, kemarin. Keduanya membahas pembukaan rute penerbangan Makassar-Manila.
penerbangan internasional dari dan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bakal bertambah 2013 mendatang menyusul penjajakan direct flight Makassar- Manila oleh Pemprov Sulsel dan Pemerintah Filipina. Gagasan untuk membuka rute penerbangan langsung tersebut mengemuka dalam pertemuan Gubernur Syahrul Yasin Limpo dengan Konsulat Jenderal Filipina Jose Dela Rosa Burgos di Rumah Jabatan Gubernur,kemarin.

“Ide membuka rute Makassar- Manila ini sangat baik dan berpotensi karena selain peluang bisnis kedua Negara yang sangat baik,juga akan memperpendek jarak tempuh dan memangkas biaya,”kata Jose Dela Rosa Burgos usai pertemuan di Rujab Gubernur,kemarin. Ia mengatakan,rute Makassar- Manila akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara. Selain itu, pertukaran budaya antara kedua negara akan semakin gampang dilakukan.

“Saat ini kita sedang menjajaki kerja sama dengan Sulsel dibidang pertanian, perikanan, pendidikan, pariwisata, dan olahraga,”kata Jose kepada wartawan. Hanya saja, Filipina akan memfokuskan perdagangan di bidang pertanian dan perikanan. Kedua bidang ini dinilai sangat potensial untuk dikembangkan.“ Kita telah lama mendapatkan banyak produksi beras dari Makassar,”ungkapnya. Karena itu, ia berharap, rute penerbangan tersebut bisa secepatnya direalisasikan untuk mempermudah jalinan kerja sama ke dua daerah.

Jose mengatakan, rute itu akan direalisasikan paling lambat akhir triwulan pertama 2013. “Awal tahun depan, rute itu akan terealisasi. Dengan demikian semuanya akan lebih mudah,kita tertarik kerja sama dengan Sulsel karena pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Tadi kita sudah bicarakan dengan Pak Gubernur dan responnya sangat bagus,”pungkasnya. Sementara, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kerja sama antara Sulsel dengan Filipina bakal terjalin baik dan lancar dengan adanya penerbangan langsung yang menghubungkan Makassar-Manila.

Selain Sulsel, jalur ini juga akan menguntungkan 14 provinsi di Kawasan Indonesia Timur. Sebelumnya juga Syahrul telah membangun komunikasi dengan PT Air Asia Indonesia untuk pembukaan rute Makassar- Manila itu. ● abd salam malik 
Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/rute-penerbangan-manila-makassar-dirintis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar