Kamis, 06 Desember 2012

Stok Beras Sulsel 482 Ribu Ton


6 Desember 2012
MAKASSAR, UPEKS–Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan mencatat realiasi pengadaan beras mencapai 143% atau 482 ribu ton per 2 Desember 2012. Angka ini melampaui prognosa tahun 2012, yaitu 267 ribu ton. Bulog Divre Sulsel juga telah menyalurkan beras ke wilayah Indonesia Barat seperti Medan dan Sumatera Barat. Sementara untuk wilayah Indonesia Timur, Bulog menyalurkan ke Papua, Kalimantan Timur, Maluku, dan Provinsi-provinsi di pulau Sulawesi sendiri.
Regional Manager Bulog Divre Sulsel, Jabirudin menuturkan, stok bulog Sulsel didukung oleh tingkat penyerapan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan pihaknya memastikan penyaluran stok beras Sulsel bisa tahan sampai 40 bulan. Ia mengatakan, dari 11 kabupaten dan kota yang menjadi penghasil dari beras serta gabah kering giling (GKG) ini, Kabupaten sidrap, Kota Parepare, Kabupaten Wajo, Pinrang, Palopo, Luwu dan Bulukumba menjadi daerah paling banyak menyerap beras.
Sementara itu, Pemprov Sulsel optimis bisa surplus beras 2,2 juta ton tahun ini, meskipun kemarau panjang sedang melanda sejumlah daerah sentra pertanian. Sebelumnya, Kepala Badan Ketahanan Pangan Pemprov Sulsel Asri Agung Pananrang mengatakan, meskipun acaman kemarau bisa berlangsung sampai Oktober tahun ini, overstock beras masih bisa mencapai 2,2 juta ton. “Kebutuhan konsumsi beras Sulsel hanya 800.000 ton sedangkan produksi beras Sulsel saat ini, telah mencapai 3 juta ton. Overstok beras bisa bertahan hingga tujuh bulan ke depan, meskipun sebagian wilayah Sulsel mengalami kemarau,” tuturnya. (awy)
Ditulis Oleh Akbar
Sumber: http://www.ujungpandangekspres.co/bisnis/stok-beras-sulsel-482-ribu-ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar