Rabu, 05 Desember 2012

Sepeda Wisata Warnai Pembukaan Lovely Desember di Toraja


Ditulis Oleh Akbar on  
MAKALE,–Kegiatan promosi wisata di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara menjelang program Lovely Desember 2012 diawali dengan kegiatan rally jelajah sepeda wisata Toraja yang cukup banyak menyerap peserta dari komunitas sepeda dari kabupaten/kota di Sulsel dan juga luar provinsi, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya Jepara dan komunitas sepeda dari Sulawesi Barat, Kendari dan Sulawesi Tengah. Pembukaan rally jelajah sepeda wisata Toraja itu menandai awal kegiatan dari Lovely Desember 2012 yang diprogramkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam memacu arus kunjungan wisata ke Tana Toraja.
Wakil Gubernur Sulsel, Ir H Agus Arifin Nu’mang MS sebelum melepas peserta rally sepeda wisata Toraja yang dipusatkan di Lembang Parindingan, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, mengatakan rally sepeda wisata Toraja yang baru dimulai tahun ini ternyata mendapat sambutan hangat dari para komunitas sepeda dari sejumlah provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut patut dilaksanakan setiap tahunnya sebagai salah satu rangkaian dalam event lovely Desember di Toraja.
Menurut Wagub, jelajah sepeda wisata Toraja bukan hanya bertujuan untuk membangkitkan olahraga sepeda di daerah ini, akan tetapi kegiatan cross country seperti itu juga dapat menumbuhkan rasa terhadap lingkungan hutan di sekitarnya, karena setiap peserta rally sepeda maupun motor diharuskan menanam pohon yang disiapkan panitia pelaksana. Dikatakan, rally sepeda jelajah wisata Toraja juga bertujuan untuk mengajak masyarakat bisa mengembangkan ecotourism, sehingga lingkungan hidup bisa terjaga dan terpelihara.
Agus berharap, para peserta rally sepeda jelajah wisata Toraja bisa melalui rute-rute yang ditentukan panitia dan memasuki garis finish yang berada di depan gedung DPRD Kabupaten Tana Toraja. Panitia rally jelajah sepeda wisata Toraja sengaja menyiapkan rute-rute yang cukup menantang para peserta cross country dengan tujuan agar wilayah-wilayah tersebut bisa menjadi objek wisata menarik, khususnya bagi para komunitas sepeda di daerah ini. Bupati Tator, Theofilus Allolerung SE dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sepeda wisata Toraja diharapkan bisa dilaksanakan setiap tahun, sehingga bisa memacu arus kunjungan wisata ke Toraja.
Tapi tujuan utama dari rally sepeda seperti itu adalah menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan alam di sekitarnya, sehingga rally sepeda tersebut menjadi awal dari pelaksanaan ecotourism di Toraja. Pada kesempatan itu, masyarakat Toraja yang bermukim di daerah kawasan hutan, kini tidak resah lagi akan dituding sebagai penyerobot hutan, karena Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sudah memperjuangkan ke Kementerian Kehutanan agar wilayah kawasan hutan bisa dikelola oleh masyarakat di sekitarnya dan dijadikan sebagai hutan industri, yang bisa ditangani aneka pohon yang bernilai ekonomi tinggi seperti pohon jati putih, sengong dan jabon putih. (sal/rus)
Sumber: http://www.ujungpandangekspres.co/daerah/sepeda-wisata-warnai-pembukaan-lovely-desember-di-toraja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar