Senin, 02 April 2012

Bahan Pokok - Disperindag Jamin Harga Tetap Stabil


Senin, 02 April 2012
MAKASSAR – Dinas Perin-dustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel menjamin harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional tetap stabil,menyusul ditundanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akhir pekan lalu.


Kadistarkim Sulsel Irman Yasin Limpo mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapati atau mendengar laporan terkait adanya harga bahan pokok di pasar tradisional yang mengalami kenaikan harga terkait isu BBM. ”Berdasarkan hasil pantauan kita, harga-harga bahan pokok masih stabil.Tidak ada yang melonjak akibat pengaruh BBM.Apalagi, harga BBM kan batal dinaikkan,”kata Irman di Makassar,kemarin.

Dia mengaku,dari sejumlah bahan pokok di pasaran, hanya harga cabai kecil dan cabai besar yang mengalami kenaikan hingga Rp2.500 per kilogram (kg) dari harga normal. Namun,dia membantah jika hal tersebut diakibatkan oleh isu kenaikan harga BBM. Menurut Irman, kenaikan harga cabai ini murni akibat pasokan yang berkurang disebabkan cuaca. Stabilisasi harga bahan pokok tersebut,lanjut Irman,juga dipantau dari beberapa pusat distribusi yang ada di Kota Makassar.

Sehingga, dia menjamin harga masih stabil dan stok ketersediaan sejumlah bahan pokok masih aman untuk beberapa waktu ke depan. ”Kita sudah melakukan pengecekan dari distributor hingga pasar-pasar tradisional. Seluruh bahan pokok masih stabil. Ini kita lakukan sejak adanya rencana kenaikan harga BBM dulu,”tuturnya.

Meski demikian, Irman tidak dapat menjamin kestabilan harga bahan pokok yang ada di pengecer kecil. Pasalnya, Disperindag Sulsel mengaku sulit untuk mengontrolnya. ”Kalau pengecer kecil sulit kita kontrol memang. Tapi mulai dari distributor hingga pasar tradisional, kita jamin,” tambahnya.

Sehari sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta kepada semua pihak termasuk masyarakat untuk ikut mengontrol dan mengawasi stabilitas harga sejumlah kebutuhan pokok atau sembako. Ia berharap harga sembako tetap stabil, karena harga BBM tidak mengalami kenaikan.Kalau pun harga salah satu sembako naik signifikan, Syahrul berjanji langsung akan melakukan operasi pasar (OP).

“Ini pekerjaan kita sama-sama, termasuk teman-teman pers harus mengampanyekan jangan ada kenaikan kebutuhan pokok karena harga BBM tidak naik.Harga akan kita kontrol terus. Saya akan ope-rasi pasar jika harga sembako naik signifikan,” katanya, Sabtu (31/3) lalu. ● wahyudi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar