Senin, 02 April 2012

SYL Ungkap Makna Don’t Stop Komandan


Senin, 02 April 2012



MAKASSAR – Ketua Majelis Pembimbing Daerah sekaligus Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel Syahrul Yasin Limpo menjelaskan istilah “Don’t Stop Komandan” adalah kata dan semangat Pramuka.


Kalimat tersebut juga diakuinya memiliki makna pantang menyerah. “Don’t Stop Komandan itu bukan tagline politik, tapi kata Pramuka. Kalau dalam mencapai tujuan ada tembok penghalang di depanmu, don’t stop, tapi jangan ditabrak. Jangan menyerah, berusahalah melewati tembok itu,” ungkap Syahrul disela-sela pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sulsel yang digelar di Baruga Sangiaseri,Minggu (1/4).

Gubernur Sulsel ini mengatakan, Indonesia sedang dilanda persoalan, yakni kekurangan power of trust dan power of give. Maksunya, masyarakat mulai kehilangan kepercayaannya dan kehilangan semangat gotong royong atau saling membantu. “Pramuka akan menjadi solusi dari persoalan negeri ini,”katanya.

Menurut mantan Bupati Gowa dua periode itu, organisasi Pramuka memiliki orangorang yang bekerja secara bersama- sama dan mencari solusi terhadap semua persoalan negeri. “Yang bekerja bukan hanya tangan dan kaki, tapi juga pikiran dan hati.Keterpanggilan saya bergabung di Pramuka karena panggilan hati. Seandainya di partai politik juga seperti di Pramuka, maka damailah negeri ini,”tuturnya.

Syahrul yang kembali maju di Pilgub Sulsel 2013 itu berharap, Musda Gerakan Pramuka Sulsel yang dilaksanakan bisa menemukan kembali energi dan kesegaran organisasi serta menyempurnakan kekurangan yang ada. “Musda bukan mencari yang jelek saja, tapi melakukan perbaikan. Kita harus terus berpikir positif agar hasilnya juga positif,” ungkapnya. Ke depan, lanjut dia, Gerakan Pramuka Sulsel harus memiliki kegiatan-kegiatan yang produktif, seperti pembibitan ikan lele dan pembibitan hutan.

Di setiap desa dan kelurahan juga diprogramkan untuk memiliki pelatih. Sementara Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Marsekal Madya TNI Eris Harryanto memuji keberhasilan Syahrul Yasin Limpo.

“Saya sangat kagum dengan pemikiran-pemikiran Pak Syahrul,” kata Eris yang juga menjabat Sekretaris Menteri Pertahanan (Sekmenhan) saat membuka Musda Pramuka Sulsel. abd salam malik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar