Kamis, 26 Juli 2012

Awal Agustus, Bulog Sulsel Bagi Raskin 13


Kamis, 26 Juli 2012 

MAKASSAR, - Menghadapi Hari Raya Idulfitri, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sulsel akan mempercepat penyaluran  beras miskin (raskin).

Kadivre Bulog Sulsel, Tommy S Sikado, mengatakan, raskin 13 yang biasanya disalurkan akhir tahun, di 2012 ini akan dibagikan pada awal Agustus di seluruh kabupaten/kota di Sulsel.

"Penyaluran raskin 13 sudah menjadi kebijakan pusat. Apalagi jelang lebaran kebutuhan masyarakat pasti meningkat dan momentum inilah yang dimanfaatkan untuk menyalurkan raskin 13," katanya di Makassar, Kamis (26/7/2012).

Di Sulsel, berdasarkan data pagu baru per Juni, total raskin yang akan disalurkan sekitar 7.632 ton dengan jumlah penerima sebanyak 508.832 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Setiap RTS akan mendapatkan 15 kg raskin setiap bulannya dengan harga Rp 1.600 per kg.

"Nah untuk penyaluran Agustus berarti per RTS akan mendapatkan dua kali jatah raskin, yakni raskin bulanan plus raskin 13 yang jumlahnya sama," katanya.

Seiring dengan percepatan pembagian raskin, Bulog Sulsel menghimbau kepada pemda, dalam hal ini Bupati dan Walikota untuk segera menerbitkan Surat Permintaan Alokasi (SPA) dengan begitu proses penyaluran juga berjalan lancar. "Saat ini pengajuan SPA baru dua daerah yakni Parepare dan Pinrang," katanya.

Menyoal harga beras di pasaran, hingga pekan ketiga Juli 2012 masih relatif stabil. Hal ini menandakan stok beras dan alur distribusi berjalan normal. Meski demikian, mengantisipasi adanya lonjakan berarti jelang lebaran, pihaknya siap melakukan operasi pasar jika kondisi harga dipasaran meningkat 10-20 persen dari harga normal.

"Kami upayakan tidak ada operasi pasar. Yang bagus adalah raskin dipercepat. Boleh dikata raskin 13 sangat membantu dalam stabilisasi harga. Jadi stoknya yang dijaga, kalau alokasinya cukup berarti tidak akan mempengaruhi harga," tambahnya. (*)
Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2012/07/26/awal-agustus-bulog-sulsel-bagi-raskin-13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar