Rabu, 04 Juli 2012

Poskan judulToraja Diminta Jadi Contoh Pilgub Damai


Rabu, 04 Juli 2012
MAKALE- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta Kabupaten Tana Toraja menjadi daerah percontohan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) damai pada 2013 mendatang. 

Syahrul mengatakan, Toraja harus bisa membuktikan bahwa pilgub tidak akan membuat hubungan masyarakat dengan pemerintah menjadi retak. “Toraja harus menjadi contoh bagi 23 kabupaten/kota di Sulsel lain yang aman melaksanakan Pilgub Sulsel 2013,” ujar Syahrul saat bertemu ribuan warga Toraja dalam rangka penguatan kelembagaan masyarakat dan pemerintah di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja,kemarin.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel yang kembali akan maju sebagai calon gubernur di pilgub ini mengatakan, pilgub tidak boleh merusak tatanan di masyarakat, apalagi sampai membuat masyarakat menjadi cemas.Untuk itu,dia meminta masyarakat menjaga situasi aman dan damai serta tidak mudah terprovokasi. Dia mengaku terpilih menjadi gubernur pada pilgub lalu juga karena dukungan masyarakat Toraja.

“Tapi kebersamaan yang sudah terjalin selama empat tahun ini, kelanjutannya saya kembalikan ke masyarakat Toraja,” jelas calon gubernur yang kembali berpasangan dengan calon wakil gubernur Agus Arifin Nu’mang ini. Di hadapan ribuan masyarakat Toraja, Syahrul mengatakan, dirinya tidak cukup jika hanya satu periode menjabat sebagai gubernur dan harus diulang satu kali lagi untuk menjadikan Toraja menjadi daerah yang lebih baik lagi.

Bahkan, Syahrul siap pasang badan untuk masyarakat Toraja sepanjang kebersamaan, persahabatan serta idealisme membangun pemerintahan yang baik dan bersih tetap terjalin. “Kalau kebersamaan dan persabahatan tetap terjalin, mari kita jalan bersama. Saya tidak akan berhenti untuk kesejahteraan rakyat, ”katanya.

Selain menemui ribuan warga, Syahrul juga menemui pendeta dan pengurus gereja-gereja di kantor Badan Pekerja Sinode (BPS) gereja Toraja di Rantepao. Dalam pertemuan itu, dia memberikan motivasi dan arahan kepada para tokoh agama di Toraja itu agar kedamaian dan religiusitas di Toraja tetap terjaga.

“Saya juga mengimbau tokoh agama ikut menyukseskan Pilgub 2013 dengan menjalin kerukunan antarumat beragama,”jelasnya. Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengatakan, konstribusi Pemprov Sulsel dalam memajukan Toraja sangat besar. “Syahrul bagian dari orang Toraja karena itu beliau sangat memperhatikan masyarakat dan daerah Toraja,”ujarnya.

Lanjutkan Program Gratis 

Sementara itu, di Palopo, Syahrul YasinLimpo mengklaim program pendidikan dan kesehatan gratis yang dilaksanakan Pemprov Sulsel telah dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Oleh karena itu, jika kembali mendapat kepercayaan memimpin Sulsel,dia berjanji melanjutkan dua program gratis tersebut.

“Program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga saya akan melanjutkan kembali dua program gratis ini lima tahun ke depan,” kata Syahrul seusai menghadiri pembukaan Muswil Sidang Nasional Persatuan Warga Gereja(PWGT) 2012,dikawasan SMA Kristen Palopo,kemarin. Sidang PWGT ini dihadiri para pemuka agama Nasrani dan tokoh masyarakat Nasrani dari wilayah Luwu Raya,dan perwakilan dari beberapa provinsilain.

Khusus Kota Palopo, pelaksanaan program pendidikan gratis tidak berjalan maksimal karena dua tahun anggaran, dana tidak tersalur ke sekolah penerima. Syahrul mengaku sudah mendengar kabar dana pendidikan gratis tersebut bermasalah dan berujung ke ranah hukum di Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo. Bahkan,Syahrul berjanji akan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan gratis di Palopo itu. joni lembang/ chaerul baderu 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar