Selasa, 03 Juli 2012

SYL Janji akan Evaluasi Program Pendidikan Gratis di Palopo


3 July 2012,
SYL Janji akan Evaluasi Program Pendidikan Gratis di Palopo
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo
Bergulirnya kasus dugaan penyelewengan Dana Pendidikan Gratis (DPG) Kota Palopo tahun 2011, membuat Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, sebagai pencetus program tersebut, berjanji akan segera mengevaluasi program Pendidikan Gratis Kota Palopo.
“Saya belum tahu persis permasalahannya, namun saya berjanji akan mencari tahu dan mengevaluasinya,” ujar Syahrul kepada wartawan saat kunjungannya dalam rangka HUT Kota Palopo ke-10, Selasa (2/7/12).
Menurut Syahrul, jika benar terjadi masalah yang cukup serius dalam penyaluran dana tersebut, maka Pemprov Sulawesi Selatan akan mengambil tindakan serius. “Akan kami tindaki sesuai aturan yang ada,” ujarnya.
Syahrul pun merincikan, program Pendidikan Gratis merupakan salah satu program andalan Pemprov Sulsel selain program kesehatan gratis, sehingga sudah selayaknya kedua program itu dilanjutkan pelaksanaannya.
“Apakah masyarakat masih mau menikmati program pendidikan dan kesehatan gratis, kalau masih mau maka sudah selayaknya masyarakat untuk memilih pemimpin yang telah sukses melaksanakan program itu selama lima tahun terakhir ini,” ungkap Syahrul.
Seperti diketahui, dalam penyaluran Dana Pendidikan Gratis Kota Palopo tahun 2011 lalu, diduga telah terjadi penyalahgunaan sehingga anggaran yang diperuntukkan bagi pembayaran honor guru, satpam, dan bujang sekolah itu tidak tersalurkan kepada peruntukannya.
Bahkan, Kejaksaan Negeri Palopo telah menyidiki kasus ini dan menetapkan dua orang tersangka yang diduga bertanggung jawab, keduanya yakni Kepala Dinas Pendidikan palopo Muhammad Yamin, dan PPTK DPG Tahun 2011, Ridwan.
Kepala Kejaksaan Negeri Palopo Oktavianus mengatakan, terkait penyidikan kasus ini, pihaknya tinggal menunggu hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait kasus ini. “Informasi yang kami peroleh dari BPKP, hasilnya sudah akan keluar pekan depan,” ungkap Oktavianus. (b)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar