Selasa, 30 Oktober 2012

Pengusaha Taiwan Ekspansi Usaha Di Sulawesi Selatan


Selasa, 30 Oktober 2012
Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo menerima mantan Menteri Luar Negeri Taiwan, Mr. James CF Huang yang kini menjabat Vice President Global Twoway Communication Inc. yang didampingi HAMU Investama Corp., HM Alwi Hamu di Rumah Jabatan Gubernur, baru-baru ini. Rencananya pengusaha Taiwan ini bakal  melakukan ekspansi usaha besar-besaran di Sulawesi Selatan, pasalnya  Sulawesi Selatan dianggap sebagai salah satu provinsi yang sangat ideal untuk iklim investasi di Indonesia yang berdampak bagi hubungan kerjasama Taiwan dan Indonesia.
Mantan menteri Luar Negeri Taiwan, Mr James CF Huang mengatakan bahwa pengembangan investasi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan karena keinginan sejumlah pengusaha asal Taiwan di Cina yang ingin memindahkan investasi usahanya.  Pengusaha ini mau pindahkan usahanya, karena masalah biaya dan krisis ekonomi global. Apalagi saat ini ada kekhawatiran yang cukup tinggi di Cina terhadap regulasi pemerintah dan tingginya biaya untuk pegawai serta biaya pabrik dan segala macamnya.
Salah satu peluang investasi yasng diminati pengusaha Taiwan di Sulawesi Selatan adalah pengembangan infrastruktur serta industri pertambangan dan mineral, bahkan lima perusahaan Taiwan bergerak dibidang teknologi meminati industri teknologi, elektronik dan jaringan transportasi di Sulawesi Selatan. Investor Taiwan mengatakan bahwa pada prinsipnya siap dalam kondisi finasial untuk menanamkan modalnya di Sulawesi Selatan. Nilai investasi untuk pembangunan infrastruktur dan industri pertambangan diperkirakan diatas Rp 10 triliun. Pengusaha Taiwan akan mengkaji kesiapan lokal yang dibutuhkan untuk merealisasikan investasi di Sulawesi Selatan, diantaranya jaminan stabilitas ekonomi dan politik. Sementara Gubernur Sulsel menyampaikan bahwa secara regulasi, kesediaan sumber daya, dan teknis akan didukung secara penuh.
Sulawesi Selatan sangat siap menerima berbagai investasi dengan iklim investasi yang sangat mendukung. Gubernur berharap para investor Taiwan dapat melihat prospek yang cukup bagus di Sulawesi Selatan dan juga peluang bagi pengusaha Taiwan yang ingin memindahkan usahanya ke Sulawesi Selatan. Gubernur juga akan all out dan memberi ruang untuk memfasilitasi sesuai kemampuan bila pengusaha Taiwan mau membuka industri elektronik di Sulawesi Selatan.
Yy / Sv (Senin, 29 Oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar