Selasa, 30 Oktober 2012

Sulsel Bidik Juara Umum


SELASA, 30 OKTOBER 2012 

Piala Mendikbud

 
MAKASSAR, -- Tim karate sulsel ditargetkan meraih predikat juara umum pada kejuaraan nasional Karate tingkat pelajar, Piala Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) 2012, yang bakal digelar di Samarinda Kalimantan Timur, 31 Oktober hingga 2 November mendatang.
Ketua Harian Federdasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Sulsel, Ellong Tjandra yang  memimpin kontingen Sulsel di Piala Mendikbud
mengatakan, atlet yang berjumlah 27 orang tersebut di­bagi menjadi tiga tingkat, yakni usia dini 8-9 tahun, kategori pra pemula (10-11 tahun) serta kategori pemula (12-13 tahun).
“Jumlah tersebut ditambah 16 karateka Sulsel yang berangkat mewakili perguruan masing-masing. Jadi jumlah keseluruhannya ada 43 orang,” katanya, saat melapas tim karateka di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel, Senin 29 Oktober.
Ellong berharap agar tim yang dikirim Forki Sulsel meraih juara umum karena karateka yang diturunkan merupakan karateka hasil seleksi dan diambil yang terbaik dari seluruh daerah di Sulsel dan telah mengikuti pemusatan latihan selama sepuluh hari sehingga bisa menjadi modal untuk meraih prestasi.
“Pastinya kami menargetkan juara umum, itulah kami mengirim banyak atlet,” terangnya.
Ellong menambahkan, karateka junior Sulsel bisa mengikuti kesuksesan yang telah diraih tim senior, yang sebelumnya keluar sebagai juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012.
Sebab para karateka junior ini nantinya yang akan dibina untuk menjadi juara di level senior.
“Tidak ada kata lain selain juara, Kami akan berusaha juara di setiap tingkatan.” ujarnya.
Pelatih karate Sulsel, Mursalim Bado’o menjelaskan, atlet yang dikirim merupakan atlet junior terbaik yang dimiliki Sulsel saat ini. Sebab, proses seleksi digelar secara ketat dengan melibatkan tim pelatih karateka se­nior Sulsel.
“Kita memilih yang terbaik dari yang terbaik, ini juga menjadi modal utama kami untuk regenrasi berikutnya.” ucapnya.
Mursalim menambahkan, target juara umum di­usung untuk memantapkan posisi Sulsel sebagai salah satu daerah yang mendominasi karate di tingkat nasional.
Para jawara di Piala Mendikbud nantinya akan mewakili Indonesia di kejuaraan junior tingkat Asia dan tingkat dunia.
“Kami memiliki target untuk Forki, makanya kita bertekad untuk mengirim seba­nyak mungkin atlet disetiap kejuara­an,” kata Mursalim.
Selain Piala Mendikbud, Forki Sulsel rencananya dalam waktu dekat akan kembali menggelar seleksi untuk tingkatan usia lainnya. Salah satunya adalah Kejuaraan Nasio­nal Piala Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang mempertan­dingkan atlet tingkat kadet atau usia remaja. (hen/mri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar