Selasa, 30 Oktober 2012

Wujudkan Pusat Pelatihan Untuk Atlet Sulawesi Selatan


Selasa, 30 Oktober 2012
Drs. H. Ilham Gazaling yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan sejak tahun 2010, dalam benaknya banyak rencana untuk direalisasikan. Salah satu yang cukup menyita perhatiannya adalah membangun pusat pelatihan atlet yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia. Sebagai Centre Point of Indonesia, menurut laki-laki  yang akrab disapa Andi Ile’ ini, sudah selayaknya Sulawesi Selatan punya pusat pelatihan yang dikemas sebagai Sekolah Kejuruan Olah raga yang konsepnya bisa mengacu pada sekolah Atlet Ragunan di Jakarta.  Hal ini dikatakan di Makassar, baru-baru ini.
Hal ini mempunyai prospek yang baik kedepannya. Bukan hanya pelajar Sulawesi Selatan yang punya bakat untuk menjadi atlet berprestasi digembleng di sana, namun seluruh atlet berprestasi di Kawasan Indonesia Timur. Jika Sekolah Kejuruan Olahraga itu hadir di Makassar, tak perlu bersusah-susah menggembleng atlet yang kita miliki di Ragunan. Selain bisa fokus pada pendidikan, mereka juga akan ditempa menjadi atlet berprestasi yang tidak hanya berbicara tingkat daerah, namun juga internasional.
Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya sementara melakukan tahap persiapan. Jika program tersebut jadi dilaksanakan, kawasan Sudiang akan menjadi lokasi paling tepat untuk membangun pusat pelatihan itu. Dia menjelaskan, sekolah kejuruan itu sangat penting hadir di Makassar karena banyak bibit-bibit unggul yang  dibina di daerah ini.
Sebagai langkah konkrit, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyampaikan rencana itu ke pemerintah pusat, dan mendapat  respon positif. Rencana ini juga sudah dalam proses pembicaraan serius antara dua kementerian, yakni Kementerian pendidikan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Disetiap kesempatan, baik di kabupaten/kota Gubernur Syahrul Yasin Limpo menyampaikan agar nantinya daerah mengirim siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang olahraga untuk disekolahkan di sana. Mengenai anggaran, Kadis  Pemuda dan Olah Raga sangat berharap ada sharing dari dua kementerian dan tentu saja tak ketinggalan, ada anggaran yang diplot pada anggaran APBD Sulawesi Selatan.
Yy / Sv (Senin, 29 Oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar