Selasa, 13 November 2012

Gubernur Sulsel Raih Penghargaan Bhakti Husada

Sel, 13/11/2012 - 10:54
Program kesehatan gratis yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan sejak Juli 2008 lalu, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Melalui Kementerian Kesehatan RI Gubernur Syahrul Yasin Limpo dianugrahi penghargaan Ksatria Bhakti Husada atas kepeduliannya terhadap pelayanan kesehatan di Sulawesi Selatan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Menteri Kesehatan, DR. Nafsiah Mboi,  di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Senin, 12 November 2012.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penghargaan tersebut merupakan akumulasi dari pelaksanaan progran kesehatan gratis yang diterapkan dalam empat tahun terakhir. Menurutnya pemerintahan pusat melihat, dana yang dialokasikan Provinsi Sulsel untuk sektor kesehatan melebihi rata-rata nasional atau 10% dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Main program yang dinilai adalah kesehatan gratis, Sulsel dan 24 kabupaten/kota berhasil menjalankannya dengan menyinergikan keuangan provinsi dan daerah.

Selanjutnya dikatakan Sulawesi Selatan juga merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki rumah sakit khusus untuk pelayanan kesehatan gratis yakni Rumah Sakit Sayang Rakyat. Rumah sakit tersebut adalah RS rujukan yang dilakukan secara bertingkat mulai dari puskesmas, rumah sakit regional, hingga rumah sakit umum pusat. Pola regionalisasi kesehatan ini pertama di Indonesia, sistem rujukan dilakukan secara bertingkat sehingga pasien dilayani sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara, Menteri Kesehatan Dr Nafsiah Mboi mengatakan, pembangunan kesehatan dalam beberapa dasawarsa terakhir menunjukkan keberhasilan. Pembenahan fasilitas kesehatan, peningkatan sumber daya manusia tenaga medis, pemerataan sarana, dan peningkatan taraf kesehatan masyarakat dilakukan untuk mencapai target millenium Developmen Goals (MDGs). Suksesnya pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh koordinasi, sinergi dan integrasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang dikoordinasikan oleh gubernur.

Hr/Tn (Selasa, 13 November 2012)
Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/gubernur-sulsel-raih-penghargaan-bhakti-husada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar