Selasa, 27 November 2012

Norwegia Incar PLTA di Sulsel


Senin, 26 November 2012
Segera Lakukan Survei 
MAKASSAR,-- Pemerintah Norwegia melalui Deputi Perminyakan melakukan kunjungan ke Sulawesi Selatan. Ini merupakan bagian dari rencana negara itu, untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sulsel dalam waktu dekat ini.

"Rencananya di Kabupaten Enrekang juga akan dibangun PLTA yang lebih besar. Mereka (alon investor) terkagum-kagum mendengar peningkatan daya listrik Sulsel yang tahun 2008 420 MW dan pada 2011 sudah mencapai 826 MW," kata Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang usai memenerima Deputi Perminyakan Pemerintah Noregia Ane Hansdetter Kismul, Sabtu malam, 24 November, di rumah jabatan Gubernur Sulsel.

Agus menjelaskan, peningkatan penggunaan daya listrik di Sulsel yang begitu cepat, tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi yang selalu di atas rata-rata nasional. Untuk triwulan III 2012 saja, lanjut mantan Ketua DPRD Sulsel ini, angka pertumbuhan ekonomi Sulsel mencapai 8,46 persen.

Kunjungan Deputi Perminyakan Norwegia ke Sulsel ini, merupakan rangkaian kunjungannya di Jakarta pada September lalu. Saat itu, di Jakarta Pemerintah Norwegia menyatakan, minatnya untuk berinvestasi pada pengembangan PLTA di Sulsel karena didukung ketersediaan sumber daya air.

Pertemuan saat itu, merupakan program Ambassador Norwegia dengan tujuan kerja sama antara dua pihak bisa tercapai. Sulsel sangat membutuhkan teknologi tenaga air untuk PLTA sedangkan Norwegia merupakan produsen terbesar untuk pembangunan PLTA. Duta Besar Norewegia saat itu diterima Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Sementara Sekretaris Deputi Perminyakan Norwegia Ane Hansdetter Kismul mengatakan, mulai pekan ini, pihaknya bersama sejumlah pimpinan perusahaan listrik di Norwegia akan melakukan kunjungan di beberapa wilayah, termasuk di Enrekang.

"Kita akan lihat dulu, setelah itu kita berinvestasi. Yang jelas Sulsel ini memiliki potensi besar untuk bidang kelistrikan. Apalagi ditopang dengan sumber daya alamnya yang baik," kata Ane.
Menurut dia, Sulsel sangat terkenal dengan hydro power, sudah sebagian besar listriknya disuplai dari hydro power. Pihak sangat tertarik untuk mengembangkan listrik hydro power ini. (aci/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121125230848-norwegia-incar-plta-di-sulsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar